Electronic Resource
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Permasalahan kehidupan yang bersifat kompleks sangat memerlukan keterampilan berpikir yang lebih dari sekedar mengaplikasikan. Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi membawa dampak yang sangat besar pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali bidang pendidikan. Salah satu dampak dari pesatnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang pendidikan adalah tuntutan kepada para pelaku pendidikan terutama guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi dengan tingkat perkembangan yang tinggi. Pada era globalisasi sekarang ini, pendidikan memiliki peranan penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar mampu berkompetisi di kancah global. Oleh sebab itu, kualitas pendidikan suatu bangsa sangat berpengarauh terhadap SDM yang dihasilkannya.oleh sebab itu Peserta didik hendaknya lebih kreatif dalam menciptakan penyelesaian dari persoalan yang dihadapi dalam kesehariannya. Diterpkannya Flipped Classroom pada pelajaran SKI di lembaga Pendidikan sebagai upaya pembentukan karakter siswa, pengembangan pengetahuan, wawasan, meningkatkan motivasi, berpikir positif, kreatif, berprilaku kritis dan mandiri. Dalam penelitian ini bermaksud untuk mengungkap; (1) Mendeskripsikan Bagaimana Penerapan metode Flipped Classroom pada mata pelajaran SKI di Kelas X MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. (2) Penerapan Metode Flipped Classroom dalam Pembelajaran SKI dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo (3) Mendiskripsikan Dampak Penerapan Metode Flipped Classroom pada pelajaran SKI. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam analisa data penelitian ini menggunakan prosedur analisa model Miles & Huberman, yaitu menggunakan analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan pengamatan, teknik triagulasi dan diskusi dengan teman. Temuan penelitian adalah sebagai berikut; (1) Penerpan Metode Flipped Classroom Pada mata pelajaran SKIdi Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo melalui a) kontrak belajar, b) pemberian intruksi dari guru kepada siswa untuk membaca memahami dan menonton vidio materi-materi SKI sebelum masuk kelas pada saat siswa berada di asrama baik buku SKI yang sudah di siapkan Madrasah maupun Novel, Buletin, Atlas Sejarah dll, c) menonton film atau vidio, d) Diskusi kelompok, e) pemberian tugas pondok atau pekerjaan rumah (PR), tanya jawab antar siswa dengan siswa lainnya, antar siswa kepada guru dan antar guru kepada siswa. (2) Peran Metode Flipped Classroom SKI dalam membentuk Karakter siswa Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton agar meningkatkan karakter santri, memiliki kompetensi dan meningkatnya kemampuan literasi santri sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan persoalan yang kompleks. (3) Dampak Penerpan Metode Flipped Classroom pada pelajarn SKI dalm menbentu Karakter di Madarasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo yaitu santri memiliki motivasi yang tinggi dalam melakukan hal-hal yang positif, menjadi pribadi yang mandiri
20170005 | 20 FAR p 005 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain