Electronic Resource
PENERAPAN STRATEGI PREVIEW,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Pondok Pesantren Nurul Jadid adalah Pondok Pesantren yang Seluruh kehidupan pesantren terpatri pada nilai-nilai yang dijiwai oleh suasana-suasana yang dapat disimpulkan dalam Trilogi Santri tersebut yang meliputi: memperhatikan kewajiban-kewajiban fardhu ain, mawas diri dengan meninggalkan dosa-dosa besar, berakhlak baik kepada Allah dan makhluk. Serta panca kesadaran santri (al wa‟iyyat al khamsah) yang meliputi: kesadaran beragama, kesadaran berilmu, kesadaran bermasyarakat, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan kesadaran berorganisasi. Nilai-nilai di atas menjadi pedoman para santri untuk megembangkan diri baik ketika masih nyantri, hingga terlibat secara aktif dalam membangun masyarakat. Peneliti menemukan fenomena terciptanya kemandirian belajar di pondok pesantren nurul jadid putri. Hal ini dilihat dari adanya indikator-indikator kemandirian belajar santri yang muncul dalam bentuk prilaku sehari-hari. Dari fenomena tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Tesis).
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk menegatahui profil kemandirian belajar santri putri Pondok Pesantren Nurul Jadid melalui strategi PQ4R, untuk mendiskripsikan dan menganalisis penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemandirian belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Putri dan untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi srategi PQ4R di Pondok Pesantren Nurul Jadid Putri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar pondok pesantren Nurul Jadid. Pengumpulan data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi review informan kunci.
Adapun profil kemandirian santri putri Pondok Pesantren Nurul jadid ialah : membuat rencana belajar, membuat target materi ajar, mencari informasi dan diskusi, mencatat materi-materi penting, mengatur lingkungan belajar, mengulang materi, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, memanfaatkan waktu, semangat belajar, disiplin. alam penerapan strategi PQ4R santri putri Pondok Pesantren Nurul Jadid menggunakan dua cara yakni secara individu dan kelompok. Faktor pendukung penerapan strategi PQ4R adalah faktor identitas diri dan sarana prasarana yang memadai, sedangkan faktor yang menghambat adalah faktor internal yang muncul dari dalam diri siswa seperti faktor emosi yang tidak stabil.
20170015 | 20 NUR p 015 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain