Electronic Resource
INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI MTs N 1 PROBOLINGGO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Karakter peduli lingkungan apa saja yang dikembangkan di MTs N 1 Probolinggo (2). Bagaimana upaya menginternalisasikan Karakter peduli lingkungan kepada siswa melalui program adiwiyata di MTs N 1 Probolinggo dan (3). Bagaimana model Pembentukan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata di MTs N 1 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus tunggal artinya tanpa adnya sekolah lain. Format penelitian dilakukan dengan cara tiga (3) teknik pengumpulan data, antara lain: observasi, wawancara dengan jenis wawancara terstrutur karena informan yang mau diwanwancara sibuk dan harus di tentukan,dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa data interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahap: pengumpulan data, koleksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1). Nilai-nilai peduli limgnkungan yang dikembangkan di MTs N1 Probolinggo berjumlah 4 nilai, yaitu : 1) membiasakan membuang sampah pada tempatnya, 2) sadar pengolahan sampah tepat guna, 3) perawatan dan pelestarian, 4) cinta kebersihan dan hidup bersih, nilai nilai tersebut bersumber dari Al – Qur’an dan Hadis , konsep pendidikn karakter menurut para ahli dan budaya turun temurun , nilai-nilai tersebut dikembangkan dan terintegrasi dengan nilai- nilai lain seperti religius, social, dan tanggung jawab. Jadi suber-sumber nilai tersebut dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok yang yaitu Illahiyah dan nilai Insaniyyah. Nilai-nilai Illahiyah meliputi :1). Cinta kebersihan,2) amanah 3) keihlasan 4 ) istigomah ) merasa selalu diawasi olah Allah ( morakabah) dan ketagwaan. Insaniyyah , 1)Tawasukh (saling menasehati), 3) Kebersihan, 4) tanggung Jawab, 5) tidakmerusak , (2). Upaya-upaya internalisasi karakter peduli lingkngan melalui program adiwiyta di MTs N 1 Probolinggo yaitu melalui 4 (empat) proses, yakni: (1). proses perencanaan dilakukan dengan transfer ilmu pengetahuan / informasi secara teori; (2). Proses pelaksanaan melalui kegiatan aksi lingkungan (3). Proses pembiasaan melalui pembentukan budaya lingkungan, (4). dan pengawasan (evaluasi) yang berkelanjutan berupa pemberian kartu monitoring kegiatan peduli lingkungan.. Dan (3). Model internalisasi karakter peduli linkungan bagi siswa melalui program adiwiyata di MTs N 1 Probolinggo yaitu model Organik-Struktural dengan tipe top-down yang meliputi 3 tahapan yaitu:(1). Tahap Transformasi Nilai (Moral Knowing),(2).Tahap Transaksi Nilai (Moral feeling/Moral Loving), dan (3). Tahap Transinternalisasi (Moral Doing/ Moral Action).
20171031 | 20 FAU i 031 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain