Electronic Resource
MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM FILANTROPI LAZISMU DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I KOTA PROBOLINGGO
Perkembangan zaman sekarang ini, manusia disibukkan dengan
kepentingan individu masing-masing, sehingga timbul sikap egois tidak peduli
dengan sesama manusia. Pendidikan pada hakekatnya adalah menciptakan
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab
Dalam rangka upaya membentuk karakter anak sesuai dengan tujuan
pendidikan, TK Aisyiyah Bustanul Afthal I Kota Probolinggo memiliki program
filantropi, yakni program kaleng infaq shodaqoh melatih anak-anak “Memberi
Sejak Usia Dini” sebagai bentuk media pembiasaan menanamkan gemar berinfak
dan berbagi sejak usia dini. Melalui pembiasaan gemar berinfak maka akan
terbentuk sebuah pembiasaan anak untuk memiliki kepedulian sosial.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisa implementasi program
filantropi LazisMu dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal I Kota Probolinggo; (2) Menganalisa hal-hal yang mendukung
pembentukan karakter usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota
Probolinggo.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus, sebagai informan adalah kepala sekolah, guru, wali murid TK ABA I
dan pengurus LazisMu. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan konsep Milles & Huberman
yaitu: Reduksi data, penyajian data (display data), penarikan kesimpulan.
Pelaksanaan program filantropi lazisMu dalam membentuk karakter anak
usia dini di TK Aiyiyah Bustanul Atfal I Kota Probolinggo adalah: yaitu (1) tahap
sosialisasi, (2) Tahap pelaksanaan, (3) Tahap penyaluran. Faktor pendukung
program filantropi LazisMu adalah: (1) Pihak Kepala sekolah dan guru. (2) orang
tua wali murid, (3) anak, serta (4) LazisMu
20170014 | 20 MUN m 014 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain