Electronic Resource
COLLABORATIVE PARENTING DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Penelitian ini didasarkan pada keberlangsungan pendidikan karakter di Pondok Pesantren dengan pendekatan pola pengasuhan yang dilakukan secara kolaboratif. Salah satu Pondok Pesantren yang mengupayakan pembentukan karakter sebagaimana yang dirumuskan oleh Kemendiknas adalah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Dalam Tesis ini dirumuskan dua fokus penelitian. Pertama, bagaimana pola collaborative parenting untuk membentuk karakter santri putri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Kedua, Bagaimana impikasi pola collaborative parenting terhadap pembentukan karakter santri putri di Pondok Pesantren Nurul Jadid.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: pengumpulan data dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif (case study), menggunakan metode pembahasan secara deskriptif analitis, dan analisis data kualitatif menggunakan teori Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : Pertama, Pola Collaborative parenting yang dilakukan di tujuh Wilayah putri berpola Collaborative Authoritativerian Parenting, yakni authoritative parenting (Otoritatif/Demokratis) semi authoritarian parenting (Otoriter). Strategi Collaborative Authoritativerian Parenting meliputi keteladanan, sosialisasi, habituasi, koordinasi, komunikasi persuasif, konsistensi, motivasi atau tausiyah, keseimbangan pribadi serta reward dan punishment.
Kedua, Parenting style yang digunakan dalam Collaborative Parenting berimplikasi positif terhadap karakter santri di tujuh Wilayah putri. Nilai-nilai karakter yang dibentuk meliputi delapan belas karakter yakni Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan atau nasionalisme, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial dan Tanggung jawab.
20170021 | 20 SYA c 021 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain