Electronic Resource
Upaya Pembelajaran Mufrodat Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Peserta Didik Lembaga Takhossus Kitab Al-Wafiyah Zaid Bin Tsabit Putri Pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018
ABSTRAK
Izzah, Murtafiatul. 2019. Upaya pembelajaran mufrodat dalam meningkatkan berbicara bahasa arab Peserta Didik Takhossus Kitab Di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing (I) Dr.Umar Manshur M.A (II) Moh Ulum, M.Pd.I
Kata Kunci: Mufrodat, Meningkatkan Berbicara Bahasa arab
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui tentang efektifitas pembelajaran mufrodat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab Peserta Didik Takhossus Kitab Di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Adapun pembelajaran yang efektif adalah suatu upaya yang mengetahui berhasil tidaknya pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan baik khususnya baik dari segi proses maupun hasilnya. Dalam lembaga takhossus kitab peserta didik diwajibkan untuk menyetorkan mufrodat setiap hari. Dan tujuan dari penyetoran mufrodat ini untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab, karena pada lembaga takhossus kitab peserta didik diwajibkan untuk berbicara bahasa arab dalam kegiatan sehari-hari.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, apa upaya pembelajaran mufrodat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab peserta didik lembaga Takhossus Kitab Al- Wafiyah Wilayah Zaid bin Tsabit (K) putri pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo? Kedua, Apa yang menjadi faktor mendukung dan penghambat pembelajaran mufrodat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab peserta didik lembaga Takhossus Kitab Al- Wafiyah Wilayah Zaid bin Tsabit (K) putri pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan para siswa di lembaga Takhossus Ktab Al- Wafiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa upaya pembelajaran mufrodat yang dilakukan saat ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mempermudah dalam berbicara (maharah kalam ) dan memahami makna pada pembelajaran mufrodat serta pemahaman ilmu bahasa arab dan ilmu alat bagi peserta didik. Adapun faktor pendukung pembelajaran mufrodat yaitu semangat dan keinginan kepala wilayah, peserta didik sudah menguasai ilmu nahwu dan shorrof apalagi dengan disela ilmu bahasa arab. Dan faktor penghambat pembelajaran mufrodat yaitu membutuhkan waktu yang relatif lama, peserta kurang menguasai tata bahasa Arab.
1530600588 | 15 MUR u 588 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain