Electronic Resource
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
Alimuddin. 2019. Penerapan Cooperative Learning Dalam Pembelajaran PAI
dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Nurul
Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi,
Jurusan: Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Nurul Jadid. Dosen Pembimbing :(I) Muhammad
Munif, M.Pd.I, Pembimbing : (II) Lukman Hakim, M.Pd.I
Kata kunci: Cooperative Learning, Pembelajaran PAI, Prestasi Belajar.
Cooperative learning merupakan pendekatan belajar yang menekankan
keaktifan terhadap siswa untuk dapat bekerja sama dan saling membantu
dengan kelompoknya dalam proses pembelajaran, yang terdiri dari satu sampai
lima anggota yang bersifat heterogen. Pendekatan belajar ini, berbasis pada
teori belajar kognitif dan teori belajar sosial.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses
penerapan cooperative learning dalam pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid.
2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan cooperative
learning dalam pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid. 3) Bagaimana implikasi
penerapan cooperative learning terhadap prestasi belajar siswa di SMP Nurul
Jadid.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus (Case Study) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan
terdiri dari data primer yakni, guru mapel PAI, kepala sekolah, siswa SMP
Nurul Jadid, dan data sekunder berupa dokume-dokumen yang ada di SMP
Nurul Jadid berkaitan dengan penelitian yang dilaksanakan. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunkana adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti mengumpulkan
seluruh data mereduksi, menyajikan, dan verifikasi. Dalam pengecekan
keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan
keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning
berimplikasinya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di
SMP Nurul Jadid. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kemampuan yang
dimiliki oleh siswa, baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain
itu, cooperative learning juga membuat siswa tidak merasa bosan dalam
mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar yang
dilaksanakan tidak cenderung pasif.
1530304568 | 15 ALI p 568 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain