Electronic Resource
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FAN N PICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI. AL-ISLAMIYAH KARANGANYAR PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
ABSTRAK
Nahdliyah, Ika Fithri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Fan N Pick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Matapelajaran Bahasa Indonesia Di MI. Al-Islamiyah Karanganyar Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Probolinggo Jawa Timur. Pembimbing: Mushfi El Lq Bali, M. Pd, Mieke Oktvia, M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Fan n Pick And Motivasi Belajar.
Dalam proses pembelajaran di kelas, setiap guru SD/MI berperan sebagai pengajar dan pembimbing wajib melakukan layanan bimbingan belajar baik secara kelompok maupun secara individual. Hal ini dimaksudkan agar hasil belajar yang dicapai siswa dapat memenuhi kriteria pencapaian tujuan yang diharapkan. Pada umumnya pembelajaran di SD/MI masih belum memperoleh hasil yang maksimal
Permasalahan yang sering ditemukan dalam dunia pendidikan saat ini ialah pada proses pembelajaran di sekolah yang masih diarahkan pada kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi. Peserta didik dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya dan tanpa menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya peserta didik hanya pandai dalam teori namun kurang dalam aplikasi.
Maka dari itu penulis tertarik untuk menerapkan model pemebelajaran Fan n Pick mata pelajaran Bahasa Indoensia kelas V untuk memotivasi peserta didik di dalam kelas sehingga Peserta didik lebih semangat untuk belajar. Dan Penulis sangat termotivasi juga untuk meneliti lebih mendalam dalam skripsi penulis dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Fan n Pick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Matapelajaran Bahasa Indonesia Di MI. Al-Islamiyah Karanganyar Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019”
Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus Product Moment sebagai berikut:
r_xy = (N.Σxy_(- ) (∑x) (∑y))/(√([(N.Σx^2-(∑x)^2 ] [(N.Σy^2-(Σy)^2 )])
Dari perhitungan diatas ternyata angka korelasi antara variabel X dan variabel Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya nilai product moment (0.842), yang besarnya berkisar antara 0.70-0.90 berarti korelasi positif antara variabel X (model pembelajaran Fan And Pick) dan variabel Y (motivasi belajar siswa) adalah termasuk korelasi positif yang kuat atau tinggi.
143706351 | 14 IKA p 351 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain