Electronic Resource
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MAPEL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH ZAINUL ANWAR ALASSUMUR KULON KRAKSAAN PROBOLINGGO
ABSTRAK
Maulidia, Qomaria, Ulfa. 2015. Implementasi Model Pembelajaran STAD pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Zainul Anwar Alassumur Kulon, Kraksaan Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo. Pembimbing 1 Dr. KH Hasan Baharun M, Pd, Pembimbing IIEka Diana, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Mapel SKI
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam model pembelajaran yang ada di sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran yang kurang kreatif sehingga peserta didik kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model STAD untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran kelompok, karena model STAD ini adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, jadi peserta didik akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implemetasi Model Pembelajaran STAD pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Zainul Anwar Alassumur Kulon, Kraksaan Probolinggo? (2) Apakah Hasil Implementasi Model Pembelajaran STAD dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Sisa pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah zainul Awar Alassumur Kulon, Kraksaan Probolinggo.
Tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu (1) Untuk Mendiskripsikan Impelentasi Model STAD pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Zainul Awar, Alassumur Kulon, Kraksaan Proboliggo. (2) Untuk mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran STAD pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Zainul Anwar Alassumur Kulon, Kraksaan Probolinggo. Adapun metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tekhnik data yang melalui wawacara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil analis data penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran SKI. Sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.
1530304673 | 15 QOM i 673 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain