Electronic Resource
Strategi Pemasaran Swalayan Basmalah dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Swalayan Basmalah Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk)
ABSTRAK
Swalayan Basmalah Dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Swalayan
Basmalah Desa Besukagung Kecamatan Besuk). Skripsi, Jurusan Ekonomi
Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid (UNUJA). Pembimbing
: (I) H. Faizin M.Pd, (II) Moh. Idil ghufron. M.EI
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Menarik Minat Beli Konsumen, Swalayan Basmalah
Pemasaran merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Pemasaran yang baik diperlukan
agar perusahaan mampu bertahan hidup dan menjalankan roda usahanya. Oleh karena itu,
diperlukan adanya strategi dalam merencanakan pemasaran yang baik yang kemudian disebut
dengan “Strategi Pemasaran”. Strategi Pemasaran sangat bergantung terhadap situasi dan kondisi
baik internal maupun eksternal perusahaan.
Swalayan Basmalah adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang usaha dagang
yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat disekitarnya. Swalayan Basmalah desa
Besukagung kecamatan Besuk merupakan salah satu Cabang Pembantu yang merupakan satusatunya Swalayan di Kecamatan Besuk.
Pada penelitian ini disediakan tiga macam strategi pemasaran yang akan menjadi alat
analisis, yaitu : (1) Strategi Keunggulan Bersaing, (2) Strategi Pasar Produk, dan (3) Strategi
Bauran Pemasaran. Penelitian ini akan menganlisis strategi apa yang menjadi prioritas Swalayan
Basmalah dalam menjalankan Pemasarannya, serta bagaimana Swalayan Basmalah yang menjadi
satu-satunya Swalayan di kecamatan Besuk menerapkan Strategi Pemasarannya tersebut.
Masing-masing strategi akan dianalisis, disimpulkan dan dibandingkan strategi mana yang
menjadi orientasi Swalayan Basmalah dalam menarik minat beli konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian, Swalayan Basmalah lebih memprioritaskan Strategi Pasar
Produk dengan pendekatan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) dalam menarik minat
beli konsumen. Hal ini disebab karena tidak adanya pesaing sejenis yang mencoba merebut
pangsa pasar Swalayan Basmalah desa Besukagung kecamatan Besuk, sehingga tidak terlalu
memerlukan Strategi Keunggulan Bersaing. Swalayan Basmalah juga kurang memperhatikan
Promotion Strategy yang merupakan bagian dari Strategi Bauran Pemasaran, hal ini karenaSwalayan Basmalah menjadi satu-satunya Swalayan yang ada di kecamatan Besuk, sehingga
mudah dikenal oleh Masyarakat.
1520801819 | 15 FIT s 819 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain