Electronic Resource
Implementasi Pembelajaran Konstruktivistik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motovasi Siswa di MTS Miftahul Jannah Wangkal Gading Probolinggo
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bertujuan (1) ingin mengetahui proses pelaksanaan mata pelajaran PAI dengan pembelajaran konstruktivistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Miftahul Jannah Wangkal Gading Probolinggo.(2) ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan mata pelajaran PAI dengan pembelajaran kosntruktivistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Miftahul Jannah Wangkal Gading Probolinggo.
Untuk mendapatkan data tentang Implementasi Pembelajaran Konstruktivistik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan motivasi Siswa di MTs Miftahul Jannah Wangkal Gading Probolinggo. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun untuk analisa data yang dipakai peneliti adalah kualitatif.
Setelah mengadakan penelitian dan menganalisanya maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Penerapan pembelajaran konstruktivistik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Miftahul Jannah Wangka; a) Qur’an Hadist: dalam mata pelajaran Qur’an Hadist guru memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan pemaknaan pada ayat-ayat yang terkandung didalam Al-Qur’an seluas-luasnya. Sehingga disini bisa dikatakan bahwa terdapat penerapan pendekatan konstruktivistik namun masih belum sepenuhnya terlaksana. b) Fiqih: guru lebih mengutamakan pada aplikasi dimana siswa dapat mempraktekkan atau menerapkan ibadahnya. Sehingga disini bisa dikatakan bahwa terdapat penerapan pendekatan konstruktivistik namun masih belum sepenuhnya terlaksana. c) Akidah Akhlak: siswa diajak untuk lebih mengenal Tuhannya melalui berbagai macam cara (menelaah kisah-kisah dalam Al-Qur’an, melalui alam, menginterpretasikan pendapat dari para tokoh agama, dsb) dan mengembangkan pemikiran siswa melalui konsep Hablum Minallah wa Hablum Minannas. Sehingga disini bisa dikatakan bahwa terdapat penerapan pendekatan konstruktivistik namun masih belum sepenuhnya terlaksana. 2. Faktor-faktor keberhasilan mata pelajaran PAI dalam pembelajaran konstruktivistik di MTs Miftahul Jannah Wangkal; a) Faktor Pendukung: (1) Kompetensi kepala Madrasah yang baik (2) kepala Madrasah sebagai motivator bagi guru-guru (3) Kecakapan dan keahlian sebagian guru yang mengajar (4) sarana prasarana yang lengkap (5) Lokasi Madrasah sangat strategis. b) Faktor penghambat: internal (kurangnya kreativitas sebagian guru, manajemen waktu), eksternal (Latar belakang pendidikan siswa yang sangat beragam, Kegiatan siswa diluar sekolah).
133306012 | 13 ACH i 012 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain