Electronic Resource
SOLUSI PELAYANAN KOS MAKAN SANTRI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS KOSMARA DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID
ABSTRAK
KUSNANDAR. 2019. Solusi Pelayanan Kos Makan Santri Dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo 2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Dosen Pembimbing (1) Muhammad Al-Fayadl, M. Phil. Pembimbing (2) Ismail Marzuki, M. H.
Salah satu manajemen pelayanan yang diberikan oleh lembaga pondok pesantren Nurul Jadid adalah ( Kosmara) yang diselenggarakan oleh Kabid kesejahteraan serta para anggota struktural kepengurusan sebagai media pelayanan bagi kos makan santri putra pusat. Penelitian bertujuan 1). Mengetahui perencanaan anggaran belanja. mengetahui perencanaan menu, mengetahui pengadaan bahan makanan, mengetahui penerimaan bahan makanan, mengetahui penyimpanan bahan makan, mengetahui pengolahan bahan makanan, dan mengetahui pendistribusian makanan di Pondok Pesantren Nurul Jadid. 2). Untuk mengetahui respon konsumen terhadap pelayanan konsumen 3). Untuk memberi solusi atas permasalahan kos makan santri dalam menertibkan pelayanan dimasa akan datang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi: kabid kesejahteraan, karyawan, santri putra pusat di Pondok Pesantren. Jenis penelitian studi kasus melalui teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Manajemen pelayanan kos makan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid mulai dari perencananan menu sampai pendistribusian makanan kepada konsumen dalam rangka pencapaian status yang belum optimal. 3). Dari data hasil survey kuisioner hampir sebagian besar konsumen/santri mengeluhkan pemberian makanan yang tidak bervariasi sehingga terjadi kejenuhan dalam hal menu makanan. 2). Kemudian peneliti memberi solusi atas permasalahannya; Mendatangkan juru masak / koki dalam bentuk pelatihan untuk juru masak santri sehingga resep yang disajikan meskipun sederhana namun membawa kepuasan bagi para santri, dengan adanya Dapur Umum dapat berperan besar untuk menghimpun suatu data pembayaran santri putra pusat sehingga manajemen keuangan bisa berjalan dengan lancar serta perencanaan menu bisa koefisien dalam meningkatkan cita rasa yang memuaskan.
1520801755 | 15 KUS s 755 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain