Electronic Resource
UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL QUR'AN SISWA SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada dua hal, yaitu : 1) Untuk mengertahui proses pemebelajaran baca tulis siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinngo. 2) Mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al Qur’an siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinngo. 3) Mengetahui apa faktor mendukung dan menghambat dalam baca tulis siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinngo?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui pengabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisis dengaton cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1) proses pemebelajaran baca tulis siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinngo belajar dengan lancar dan dilaksanakan dua jam pelajaran dalam satu minggu dan dua kali di kegegiatan eksta. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al Qur’an siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinngo adalah dengan Menyediakan waktu bagi peserta didik untuk membaca tulis al Qur’an, memahami Karakter Peserta Didik, memilih Metode Yang Tepat, menciptakan Tempat Belajar Yang Relegius, membangun Hubungan Dengan Peserta Didik 3) Faktor yang menghambat dalam baca tulis Al Qur’an siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinngo adalah banyaknya peserta didik yang masih dikatakan kurang atau sebagian besar tidak bisa membaca tulis Al Qur’an yang fashih dengan baik. Sedang faktor yang mendukung adalah semangatnya guru PAI dalam pendampigi peserta didik dalam belajar baca tulis al Qur’an dan didukung dengan penggunaan metode Halaqoh Dan Iqro’
143306243 | 14 NUR u 243 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain