Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

Penerapan Model Mind Mapping dalam pembelajran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton

Athiroh Mufarrohah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan model Mind Mapping Dalam Pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton, dengan rumusan masalah sebagai berikut (1). Bagaimanakah penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid? (2). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Mind Mapping dan faktor – faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis study kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:1. Penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Jadid Paiton memiliki beberapa langkah – langkah yang harus di lakukan dalam proses pembelajaran, tahap awal yang di lakukan adalah guru menjelaskan materi pembelajaran secara singkat yang akan dipelajari, lalu membagi beberapa kelompok siswa dengan memerhatikan akademik dan memberikan tema atau permasalahan kepada setiap kelompok, sebelum membuat Mind Mapping guru memberikan alat (kertas karton dan spidol berwarna), setiap kelompok membuat Mind Mapping, hasil dari Mind Mapping setiap kelompok siap untuk di presentasikan di depan kelas. 2. faktor pendukung model Mind Mapping ialah peserta didik bisa mengemukakan pendapat secara bebas sesuai, kerja sama, siswa lebih aktif dalam belajar, seorang siswa dapat menguasai materi. Sedangkan faktor penghambat model Mind Mapping ialah, kesulitan dalam membedakan karakteristik peserta didik, sebagian peserta didik yang aktif, kurangnya waktu dalam membuat model Mind Mapping dan tidak keseluruhan informasi bisa di tulis secara detail.


Ketersediaan
173030483617 ATH p 836Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
17 ATH p 836
Penerbit
: ., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Model Mind Mapping, Pendidikan Agama Islam.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik