Electronic Resource
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAYANAN PERBANKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG NASABAH DI KANTOR KAS BPR SYARI’AH BESUKI
ABSTRAK
Safitri, Muntayibah. 2019. Pelayanan Perbankan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Nasabah di Kantor Kas BPR Syariah Besuki Skripsi, Jurusan Perbankan Syari’ah, Fakutas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: (I) Syamsuri Hasan, M.H.I., Pembimbing: (II) Ilyasa’ Kholis, M.Sy.
Kata Kunci: Pelayanan, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
Semakin tinggi persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan perbankan, maka semakin besar kemungkinan seseorang untuk membuat keputusan untuk menjadi nasabah di bank syari’ah tersebut, begitupun sebaliknya. Ada pengaruh positif dan negatif di dalam pelayanan terhadap minat nasabah untuk menabung di bank. Salah satunya adalah layanan yang di tawarkan bank kepada konsumennya.
Peneliti hendak mengungkap dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam rangka mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelayanan perbankan terhadap minat menabung nasabah yang dalam ini adalah PT BPR Syari’ah Cabang Besuki.
Untuk mencapai diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan interview, observasi, dokumentasi. Data dianalisis menggunkan display data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian terkait faktor pendukung dan penghambat pelayanan perbankan terhadap minat menabung nasabah di BPR Syari’ah Cabang Besuki. Setelah peneliti melakukan wawancara terkait faktor pendukung mengarah pada profesionalitas karyawan, kekompakan, serta perilaku karyawan yang baik dan sopan sehingga terkesan menarik terhadap para nasabah dan juga pembinaan dan pengawasan yang lebih terhadap nasabah. Namun terkait dengan faktor penghambat mengarah pada kurangnya publikasi terkait produk-produk yang di miliki oleh BPR Syari’ah serta margin bagi hasil yang di berikan BPR Syariah lebih tinggi daripada bank lainnya sehingga masyarakat enggan untuk menjadi nasabah meskipun persyaratan dan prosedur yang lebih mudah.
1521100034 | 15 MUN f 034 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain