Electronic Resource
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL MUN`IM KARANG ANYAR PAITON PROBOLINGGO
Kepala Madrasah MINM Karanganyar Paiton Probolinggo menerapkan kaidah kepemimpinan transformasional mampu mengubah sumber daya, baik manusia, instrumen, maupun situasi untuk mencapai tujuan reformasi madrasah. Kepemimpinan transformasional suatu kemampuan seorang pemimpin dalam bekerja dengan melalui orang lain untuk mentransformasikan secara optimal sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang bermakna sesuai dengan target capaian yang telah ditetapkan.
Penelitian bertujuan bagaimana pelaksaan Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im, dan apa saja dampak kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pelayanan publik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im.
Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi: Pendidik, karyawan, masyarakat dan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im. Jenis penelitian studi kasus melalui Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam analisi dan interpretasi data, penelitian mengunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data.
Maka dapat disimpulkan bahwa (1) Bagaimana pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im. Adapun cara pelaksanaannya yaitu dengan: a. Pengaruh Idealis Pemimpin transformasional berperilaku dengan cara pengaruh ideal. b. Motivasi yang memberi Inspirasi Pemimpin trasformasional berperilaku dengan cara yang memberikan motivasi dan menginspirasi orang-orang di sekitar mereka dengan memberikan arti dan tantangan untuk bekerja. c. Stimulasi Intelektual Pemimpin transformasional mendorong upaya ikuti mereka untuk menjadi inovatif dan kreatif. Reframing masalah lama dengan cara baru. d. Pertimbangan Individu Pemimpin memberikan trasformasional perhatian khusus terhadap kebutuhan masing-masing pengikut individu untuk menyetujui dan pertumbuhan dengan bertindak sebagai pelatih atau mentor.(2) Dampak kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan pelayanan publik. Adapun dampak kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan pelayanan publik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im yaitu: a. Dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. b. Dapat meningkatkan kemajuan madrasah. c. Dapat meningkatkan kompetensi pendidik
1530500062 | 15 RIF k 062 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain