Electronic Resource
MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MA. RAUDLATUL ISTIQOMAH SUKO MARON PROBOLINGGO
Guru dalam rangka meningkatkan akhlakul karimah siswa adalah sebagai motivator dan fasilitator yang mampu meningkatkan akhlakul karimah siswa, menanamkan akhlak yang baik agar tertanam di dalam jiwa anak didik sebuah akhlakul karimah dengan penuh kegembiraan dan bisa mengadakan pembatasan positif terhadap dirinya sebagai seorang pendidik akhlak. Motivasi guru adalah salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya dalam meningkatkan akhlakul karimah pada siswa. Pada dasarnya siswa lebih cenderung akan menirukan prilaku guru baik dalam tutur sapa maupun dalam tingkah laku. Maka dari itu guru harus pintar-pintar dalam mendidik akhlakul karimah kepada siswa. Berdasarkan pemikiran diatas, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai ” Motivasi Guru dalam Meningkatkan akhlakul Karimah Siswa di MA. Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah guru memotivasi siswa dalam meningkatkan akhlakul karimahnya di MA Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo dan Apa faktor pendukung dan penghambat motivasi guru dalam meningkatkan akhlakul karimahnya di MA Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah dan guru semua guru di MA. Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo menerapkan metode atau cara memotivasi dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa dengan cara selalu menasehati, menegur, dan peringatan serta yang paling penting iyalah pemberian contoh kepada siswa (Uswatun Hasanah) baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dan yang menjadi faktor pendukung dari Peningkatan akhlakul karimah siswa di MA. Raudlatul Istiqomah adalah dari pihak-pihak pesantren. Karena lingkungan itu sangat berpengaruh dalam peningkatan akhlakul karimah siswa. Dan yang menjadi penghambat dari peningkatan akhlakul karimah siswa adalah karakter siswa yang berbeda. Akan tetapi guru-guru di madrasah tersebut tetap semangat dalam rangka mendidik akhlakul karimah anak didiknya.
143306190 | 14 SHO m 190 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain