Electronic Resource
PENGARUH STRATEGI MNEMONIC DAN MOTIVASI BELAJARTERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA MA PLUS SABILUTTAIBIN PROBOLINGGO
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan bahwa peningkatan prestasi belajar dipengaruhi oleh daya ingat siswa terhadap pelajaran yang dipelajarinya. Oleh karenanya, peneliti menggunakan strategi mnemonic untuk membuktikan adanya suatu peningkatan dalam prestasi belajar si.swa paa mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Hal ini disebabkan oleh keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran al-Qur’an Hadits masih mengunakan strategi konversional, sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang aktif dalam pembelajaran. Fenomena yang ada pada MA Plus Sabiluttaibin yang rata-rata prestasi siswanya masih sama bahkan dibawah nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Fakta lain mengatakan seringkali anak didik yang tergolong cerdas tampak bodoh karena tidak memiliki motivasi untuk mencapai prestasi sebaik mungkin. Hal ini menunjukkan seorang anak didik yang cerdas, apabila memiliki motivasi belajar yang rendah maka dia tidak akan mencapai prestasi akademik yang baik. Sebaliknya, seorang anak didik yang kurang cerdas, tetapi memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar, maka dia akan mencapai prestasi akademik yang baik. Dalam sikripsi ini peneliti mencoba meneliti Hubungan Strategi Mnemonic dan Motivasi Belajar tehadap Prestasi Belajar al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan di MA Plus Sabiluttaibin Probolinggo dan sampel penelitiannya yaitu seluruh kelas XI MA Plus Sabiluttaibin Probolinggo. Metode pengumbulan data yang digunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data yang menjadi kevalidan penelitian diperoleh melalui observasi lapangan. Data motivasi belajar diperoleh melalui penyebaran angket kepada masing-masing siswa yang menjadi sampel penelitian. Hasil prestasi siswa menggunakan strategi mnemonic diperoleh dari hasil tes. Dan data prestasi belajar siswa yang menggunakan startegi konvensional diperoleh melalui dokumentasi, yaitu hasil ulangan yang dibuat oleh guru mata pelajaran al-Qur;an Hadits.
Berdasarkan analisis data yang didapatkan: 1. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan strategi mnemonic dengan prestasi belajar siswa menggunakan strategi konvensional 2. Nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,050 dapat disimpulakan bahwa ada perbedaan prestasi siswa berdasarkan tingkat motivasi siswa 3. Nilai signifikasi sebesar 0,474 > 0,050 dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi strategi mnemonic dan motivasi belajar dalam menentukan prestasi belajar siswa.
1530304620 | 15 PUT p 620 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain