Electronic Resource
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MA PLUS SABILUTTAIBIN PROBOLOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini berawal dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Akidah Akhlak masih mengunakan metode konversional yaitu ceramah, sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar. Dengan permasalahan tersebut, guru harus memiliki model pembelajaran yang baik dan tepat di dalam kelas. Salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Model pembelajaran inkuiri menjadi model pembelajaran yang sangat tepat digunakan dalam peningkatan hasil belajara siswa karena model pembelajaran Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk belajar secara aktif yaitu dalam memecahkan berbagai permasahalan yang diajukan oleh guru didalam kelas. Dalam sikripsi ini peneliti mencoba meneliti pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Plus Sabiluttaibin Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dalam proses pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang dilaksanakan di MA Plus Sabiluttaibin menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan mengenai penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap Hasil belajar Akidah Akhlak.
Dengan demikian penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing
bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dan berfikir secara kreatif
serta inovatif dalam pembelajaran didalam kelas. Terbukti hasil yang
dicapai dalam penerapan metode inkuri ini sangat signifikan dari yang
awalnya siswa hanya pasif dan malas untuk berfikir, dengan adanya
penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing siswa mampu berfikir
secara nalar dan hasil belajar yang diperoleh cukup memuaskan. Serta
hasil analisis data yang di peroleh peneliti menggunakan uji T-tes paired
sample dengan bantuan program SPSS versi 16.0. r hitung menunjukkan
0,000 yang lebih kecil (
1530304582 | 15 MOH p 582 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain