Electronic Resource
PERSEPSI SANTRI TERHADAP PELAYANAN PRIMA PADA VIRTUAL ACCOUNT DI PESANTREN (Studi kasus di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
ABSTRAK
Rizaqil Ardillah. 2019. Persepsi Santri Terhadap Pelayanan Prima Pada Virtual Account Di Pesantren (Studi kasus di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo) Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton Probolinggo. Pembimbing : Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd
Kata Kunci:Persepsi, Pelayanan Prima dan Virtual Account
Pesantren sebagai lembaga pendidikan keislaman yang paling tua kini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan ini ditunjukkan dengan banyaknya pesantren yang melakukan transformasi dari trandisi konvensional menuju modernisasi. Salah satu perubahan yang dilakukan oleh pesantren ialah transaksi pembayaran santri yang menggunakan sistem virtual account. Sistem ini telah dianut oleh pesantren Nurul Jadid.
Penelitian ini ingin mengkaji lebih lanjut mengenai: 1) Implementasi Virtual Account terhadap pelayanan prima pada santri di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri; 2) persepsi santri pada penggunaan Virtual Account dari segi kemanfaatan, kemudahan, keamanan dan resiko, dan daya minat terhadap pelayanan di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri.
Jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan tersebut, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam mengenai implementasi dan persepsi santri terhadap penggunaan Virtual Account di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri. Kemudian dalam mengolah data, peneliti menggunakan analisa deskriptif kualitatif, dimana cara kerjanya terutama bertalian dengan kata-kata, bukan dengan angka. Kata-kata disini lebih gemuk dibandingkan dengan angka, dan bersifat multi makna.
Hasil penelitian ini diantaranya: 1) Implementasi Virtual Account terhadap pelayanan prima pada santri di Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri, masih belum maksimal,adapun penyebabnya antara lain: tidak semua wali santri paham dengan dunia perbankan atau teknologi.Nomor Virtual Account yang kadang terjadi bermasalah, sehingga santri atau wali santri harus bolak balik dari Bank ke kantor. 2) Persepsi santri di Wilayah Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri terhadap penggunaan Virtual Account menunjukkan persepsi postif terhadap persepsi manfaat, dan daya minat. Namun pada persepsi kemudahan, keamanan dan resiko menyatakan hal negatif. Karena dalam hal ini, persepsi negatif dinyatakan lebih dominan, maka penggunaan Virtual Account di Wilayah Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri, masih perlu adanya perbaikan baik dari segi sistem maupun dari segi pelayanan informasi, agar penggunaan Wilayah Zaid Bin Tsabit (K) Putri di pesantren bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.
1520801867 | 15 RIZ p 867 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain