Electronic Resource
PERANAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MTS SYARIEF HIDAYATULLAH PONDOK KELOR PAITON PROBOLINGGO
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan profesionalisme guru
bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Syarief Hidayatullah Pondok Kelor Paiton
Probolinggo (2) mengungkapkan prestasi belajar bahasa Arab peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Syarief Hidayatullah Pondok Kelor Paiton Probolinggo (3)
menggali upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam
meningkatkan prestasi belajar bahasa arab peserta didik di Madrasah Tsanawiyah
Syarief Hidayatullah Pondok Kelor Paiton Probolinggo (4) memaparkan peran
guru bahasa Arab dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab peserta didik
di Madrasah Tsanawiyah Syarief Hidayatullah Pondok Kelor Paiton Probolinggo
dan solusi mengatasinya.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Studi kasus (case study) yang
merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu kesatuan. Kesatuan ini
dapat berupa program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terikat
oleh tempat, waktu atau ikatan tertentu.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kompetensi
guru bidang studi bahasa Arab dilihat dari beberapa kompetensi yaitu: (a)
kompetensi yang dilihat dari kemampuan guru melaksanakan proses belajar
mengajar dengan kemampuan improvisasi metode pembelajaran yang relevan dan
cukup menarik perhatian peserta didik., (b) kompetensi kepribadian yang dilihat
dari penanaman perilaku disiplin guru dan menaati aturan sekolah. Guru bahasa
Arab di Madrasah Tsanawiyah Syarief Hidayatullah Pondok Kelor Paiton
Probolinggo sangat baik, indikatornya bahwa guru tersebut dalam bertindak dan
bertutur kata tidak pernah mengucapkan kata-kata yang kurang baik dan
menyinggung perasaan dari guru lain maupun peserta didik, (c) kompetensi
profesional adalah kemampuan menguasai bidang studi yang dilihat dari latar
belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik, memiliki
kemampuan memahami peserta didik, kemampuan memahami jenis mata
pelajaran, dan mengorganisasikan materi pelajaran. (d) kompetensi sosial guru
bahasa Arab sudah masuk dalam kategori baik, indikatornya bahwa guru tersebut
mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta
didik, sesama guru, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar (2)
gambaran prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Syarief
Hidayatullah Pondok Kelor Paiton Probolinggo dari data nilai rapor peserta didik
(3) upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik
adalah: (a) memberikan motivasi (b) pemberian latihan (c) tugas bimbingan
khusus kepada peserta didik secara kontinyu, (4) peran profesionalisme guru
terhadap prestasi belajar bahasa Arab di MTs Syarief Hidayatullah Pondok Kelor
Paiton Probolinggo
1530600559 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain