Electronic Resource
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK DIFABEL DI SMPLB DHARMA ASIH KRAKSAAN PROBOLINGGO
Implementasi pembelajaran PAI pada peserta didik difabel di SMPLB
Dharma Asih Kraksaan merupakan hal yang menarik untuk dikaji, karena siswa
difabel tentu berbeda dengan siswa tidak difabel khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam baik dari segi materi dan metode pembelajarannya.
Fokus penelitian, (1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI pada peserta
didik difabel ? (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi pembelajarann pada peserta didik difabel ? Tujuan penelitian ini
adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI pada peserta
didik difabel di SMPLB Dharma Asih Kraksaan Probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis study
kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan
dokumentasi, adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode
Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi atau
penyimpulan, dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Temuan yang diperoleh yaitu pembelajaran PAI pada peserta didik difabel
menggunakan materi yang ringan tetapi tetap sesuai dengan peraturan yang
berlaku, menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode isyarat.
Sedangkan yang menjadi faktor pendukung terhadap implementasi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap siswa difabel adalah (1) Motivasi
guru terhadap siswa (2) Minat dan Semangat siswa itu sendiri (3) Adanya hubungan
yang sangat baik antara guru dan siswa difabel. Kemudian faktor penghambat (1)
Lingkungan masyarakat yang sering memandang sebelah mata terhadap siswa
difabel (2) Daya berfikir siswa difabel dibawah rata-rata khususnya tuna grahita (3)
Fasilitas sekolah yang kurang memadai.
1730304837 | 17 FAD i 837 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain