Electronic Resource
ANALISIS PELAYANAN TOKO DI PASAR TRADISIONAL DAN TOKO MODERN UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PRESPEKTIF EKONOMI MIKRO SYARIAH (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL PAITON DAN BASMALAH PAITON)
Pasar tradisional dalam penerapan pelayanan masih bermodel klasik dan
kolot, lain halnya dengan pasar modern dengan model kekinian, sejatinya memakai
model display simple, mulai dari lokasi higenis, santun bahkan menerapkan sapa,
salam dan senyum, maka dari itu para konsumen lebih meminati pasar modern
dibandingkan tradisional, salah satu tujuan pelayanan dalam perusahaan adalah
selain mendapat keuntungan, perusahan, pasar atau toko perlu memikirkan dengan
cara bagaimana perusahaan, pasar atau toko dapat bertahan dalam waktu yang
lama dan juga untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang digunakan di dua
pasar tradisional dan toko modern tentunya hal ini sangat menarik untuk dikaji dan
diteliti.
Fokus penelitian, (1) Bagaimana proses pelayanan Pasar Tradisional Paiton
dan Toko Modern Basmalah Paiton ? (2) Bagaimana minat konsumen terhadap
Pasar Tradisional Paiton dan Toko Modern Basmalah Paiton ? Tujuan penelitian ini
adalah ingin mengetahui bagaimana proses pelayanan yang diterapkan di Pasar
Tradisional Paiton dan Basmalah Paiton sehingga bisa meningkatkan minat
konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis study
kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan
dokumentasi, adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode
Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi atau
penyimpulan, dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Temuan yang diperoleh yaitu terdapat temuan yang diperoleh antara lain:
Pertama pelayanan toko modern basmalah paiton sebagaimana berikut: pertama,
menggunakan pelayanan 5S, rapi, display simple. Kedua, promo harga cukup
memikat konsumen. Ketiga, segmentasi pasar Basmalah memberi kepuasan
konsumen seperti pelayanan maksimal. Pelayanan pasar tradisional sebagai berikut:
Adanya pelayanan tawar menawar harga sehingga membuat konsumen merasa
puas, harga tidak di patok sehingga bisa menyesuaikan. Minat konsumen dalam
berbelanja tergantung kepada kebutuhan dan jarak tempuh.
1520801877 | 15 SIT a 877 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain