Electronic Resource
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
MUKARROMAH, IZA. 2019. Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa madrasah nurul jadid paiton probolinggo. Dosen Pembimbing (I) Chusnul Muali, M.Pd Pembimbing (II) Eka Diana, M. Pd. I
KATA KUNCI : Model Discovery learning, Prestasi belajar
Guru Pengampu Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo menerapkan mode model discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Model discovery learning adalah model pembelajaran yang menekankan terhadap pemahaman, sehingga materi yang diterima oleh pesrta didik dapat lebih tahan di otaknya.
Penelitian bertujuan bagaimana penerapan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo? Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapakan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?
Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi: guru, karyawan, siswa di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jenis penelitian studi kasus melalui Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam analisi dan interpretasi data, penelitian pengambilan kesimpulan data.
Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo dapat dikatakan berjalan cukup baik. penerapan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebuayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Paiton Probolinggo maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebuayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Paiton Probolinggo harus ditempuh dengan beberapa langkah, yaitu: a. Stimulasi. b. Menyatakan masalah. c. Mengumpulkan data d. Mengolah data. e. Memaparkan data. f. Kesimpulan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Nurul jadid Paiton Probolinggo. a) Faktor pendukung: 1) Semangat pendidik dan peserta didik 2) Tersedianya fasilitas. b) Faktor penghambat: 1) Peserta didik ngantuk di kelas 2) Sedikitnya waktu.
1530304666 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain