Electronic Resource
PENGARUH AURAL ORAL APPROACH TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN SISTEM NADZARIYYAH AL-WIHDAH DI MTs NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Pembelajaran Bahasa Arab dengan sistem nadzariyyah al-wihdah menuntut pembelajar untuk tahu dan paham pada empat kemahiran berbahasa sekaligus (istima’, kalam, qiraah, kitabah), sehingga ini menjadi tugas pengajar untuk menyampaikan pembelajaran menjadi satu padu mulai dari materi, jam pertemuan, evaluasi, dan nilai hasil belajar. Ini menjadi masalah yang harus bisa ditangani oleh guru, ditambah lagi dengan tidak imbangnya kemampuan peserta didik satu dengan peserta didik lainnya dalam memahami materi pelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh aural oral approach terhadap pembelajaran Bahasa Arab dengan sistem nadzariyyah al-wihdah dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aural oral approach terhadap pembelajaran Bahasa Arab dengan sistem nadzariyyah al-wihdah siswa MTs. Nurul Jadid.
Untuk solusi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen (pre-experimental design), dengan teknik pengumpulan data melalui tes tulis dan tes lisan. Untuk menganalisis data menggunakan analisis uji tanda (Related Samples Sign Test) dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows, yaitu dengan membedakan nilai pre-test dengan nilai post-test untuk mengetahui ada atau tidak adanya perubahan pembelajaran bahasa Arab dengan sistem nadzariyyah al-wihdah.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh signifikan Aural Oral Approach terhadap pembelajaran bahasa Arab dengan sistem nadzariyyah al-wihdah di MTs. Nurul Jadid, dengan membandingkan nilai hitung dengan nilai kritik = 0,05. Setelah dilakukan uji hipotesis melalui hasil output SPSS, didapat nilai hitung yang lebih kecil dari nilai kritik = 0,001 < 0,05 yang berarti signifikan. Dan pada tabel output Frequencies, didapat; Negative Differencesa = 2 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda negatif (-). Positive Differencesb = 17 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda positif (+). Tiesc = 3 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda nol (0). Dan Total = 22 adalah menyatakan jumlah keseluruhan tanda (positif, negatif, maupun nol).
1530600586 | 15 HIK p 586 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain