Electronic Resource
PENERAPAN METODE PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MTs MIFTAHUL HASAN
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif.Metode penelitian yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti bahwa peneliti benar-benar melakukan penelitian secara langsung di MTs Miftahul Hasan. Tujuan penelitian untuk proses peningkatan pemahaman Fikih siswa melalui program metode peta konsep dalam mata pelajaran fikih di MTs Miftahul Hasan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan pemahaman Fikih siswa melalui metode peta konsep di MTs Miftahul Hasan dan mengetahui hasil peningkatan pemahaman Fikih siswa melalui metode peta konsep di MTs Miftahul Hasan.
Maka dapat dirangkum dari penelitian tersebut bahwa: (1) Penerapan metode peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Hasan adalah membantu siswa untuk lebih aktif, sehingga proses belajar mengajar yang dilaksanakan sesuai dengan harapan. Dalam proses belajar mengajar siswa dapat bekerja sama dengan baik, dan mereka dapat saling bertukar informasi dengan teman-temannya. (2) Faktor-faktor pendukung dalam penerapan metode peta konsep dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah minat belajar yang tinggi dari siswa, karena adanya motivasi yang tinggi baik dari guru maupun teman belajar yang membuat siswa semangat untuk giat dalam belajar. Selain itu sarana prasarana yang memadai, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. (3) Faktor-faktor penghambat dalam penerapan metode dalam peta konsep proses belajar mengajar adalah siswa tidak focus kepapan. Selain itu, ada sebagian siswa yang sering berbicara dengan teman-temannya.Hal ini dikarenakan siswa mempunyai latar belakang yang berbeda, sehingga membuat mereka sulit untuk membiasakan diri dengan keadaan atau suasana yang baru. (4) Implikasi penerapan metode peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah meningkatnya ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam hal ini membuktikan bahwa metode peta konsep yang di pakai oleh guru dalam mendidik siswa membantu untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki.
1530304580 | 15 MOH p 580 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain