Electronic Resource
Upaya Peningkatan Pemahaman PAI Siswa Melalui Program al Furudl al 'Ainiyah di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang melalui beberapa ajaran Islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap siswa agar nantinya setelah selesai dari pendidikan semua siswa dapat memahami dan mengamalkan segala ajaran-ajaran Agama Islam, serta menjadikan Agama Islam itu sebagai suatu pandangan hidupnya untuk keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhirat kelak. Dalam hal ini menjadi suatu yang aneh apabila siswa/siswi SMP Nurul Jadid kurang memahami ilmu pendidikan agama Islam. sedangkan SMP Nurul Jadid merupakan sekolah formal yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid. Oleh karena itu maka berbagai macam upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa diantaranya salah satunya melalui program al furudl al ‘ainiyah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti bahwa peneliti benar-benar melakukan penelitian secara langsung di SMP Nurul Jadid. Tujuan penelitian untuk proses peningkatan pemahaman PAI siswa melalui program al furudl al ‘ainiyah di SMP Nurul Jadid, mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan pemahaman PAI siswa melalui program al furudl al ‘ainiyah di SMP Nurul Jadid dan mengetahui hasil peningkatan pemahaman PAI siswa melalui program al furudl al ‘ainiyah di SMP Nurul Jadid.
Maka dapat disimpulkan dari penelitian tersebut bahwa: (1) Upaya peningkatan pemahaman pai siswa melalui furudhul ‘ainiyah adalah: melaui tiga sistem ialah secara struktural, sistematis, dan masif.(2) Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan pemahaman pendidikan agama Islam siswa melalui program al furudl al ‘ainiyah yaitu, faktor pendukung: faktor internal; faktor dari dalam diri siswa sendiri dan faktor eksternal; keluarga, guru, dan fasilitas. Faktor penghambat; faktor internal; faktor dari dalam diri siswa sendiri, faktor eksternal; keluarga, guru, dan fasilitas waktu. (3) Adapun hasil yang terdapat pada program al furudl al ‘ainiyah ialah siswa/siswi dapat meningkatkan, menguasai serta memperaktekkan ilmu pendidikan agama Islam. Dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan pemahaman pai melalui program al furudl al ‘ainiyah ini berdampak positif bagi siswa, secara perlahan siswa SMP Nurul Jadid dapat memiliki pemahaman yang lebih terhadap ilmu keagamaan.
1530304603 | 15 FIT u 603 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain