Electronic Resource
upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs. Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang upaya guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa di MTs. Nuru Jadid Paiton Probolinggo. Guru merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mencetak generasi muda, khususnya murid atau siswa yang yang professional. Aktifitas belajar mengajar merupkan inti dari pendidikan secara keseluruhan. Dengan guru sebagai peranan utama didalamnya.
Kejadian yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita adalah menurunnya karakter bangsa. Kita ambil contoh banyaknya pelajar-pelajar kita yang dalam pergaulan sehari-harinya berkata kotor atau hal lain yang tidak pantas di katakan. Kemajuan teknologi yang tidak dibarengi dengan karakter yang baik, sehingga menyalah gunakannya.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk karakter siswa di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif tentang upaya guru dalam membentuk karakter siswa studi kasus pada MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, display data, dan kesimpulan. Adapun yang menjadi nara sumber adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah pada skripsi ini menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo ialah 1) melakukan kerjasama dengan orang tua siswa 2) menciptakan lingkungan yang positif 3) penerapan program 5S di sekolah 4) keteladatan guru 5) keterlibatan guru dalam mengikuti kegiatan keagamaan 6) pemberian sanksi pada siswa yang melanggar aturan sekolah. Dan factor pendukungnya yaitu : 1) kerjasama antara pihak sekolah dengan pengurus pesantren 2) kerjasama pihak sekolah dengan masyarakat sekitar sekolah. Factor penghambat diantaranya : 1) kurangnya disiplin pada diri siswa 2) faktor teknologi.
1530304575 | 15 ISY u 575 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain