Electronic Resource
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN DI KOPERASI INDUK AZ-ZAINIYAH PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
Hasanah, Dalilatul. 2019.Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penualan Di Koperasi Induk Az-Zainiyah. Skripsi, Prodi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: (I) Syamsuri Hasan M. Hi (II) M. Ilyasa’ Kholis M. Hi
Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Peningkatan Omzet
Berdirinya salah satu usaha ritel kopotren Nurul Jadid yaitu koperasi Induk Az-Zainiyah bukan hanya sekedar berusaha dalam menjual dan memasarkan begitu saja, tetapi harus mengembangkan dan menerapkan strategi pemasarannya untuk menarik peminat dan menghadapi persaingan berbagai koperasi. Oleh karena itu koperasi Induk Az-Zainiyah berusaha memberikan produk yang terbaru dan harga yang terjangkau agar dapat memberikan kepuasan konsumen dalam membelinya. Hal ini yang melatar belakangi untuk diadakan penelitian.
Permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana omset penjualan produk di Koperasi Induk Az-Zainiyah?; (2) Bagaimana strategi marketing dalam meningkatkan omset di Koperasi Induk Az-Zainiyah?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif data yang digunakan berasal dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak keorganisasian koperasi induk Az-Zainiyah. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dan diolah dengan pola pikir induktif yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus untuk kemudian diteliti, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mampu berlaku secara umum.
Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini bahwa strategi pemasaran pada koperasi induk Az-Zainiyah diantaranya menerapkan strategi pemasaran (strategi produk, strategi harga, dan strategi promosi) . Dari strategi tersebut, didapati hal penunjang dan penghambat dalam upaya peningkatan omzet di KOPIN sedangkan yang menjadi hal penunjang peningkatan omzet diantaranya : harga yang lebih murah dari pada koperasi lainnya, mengedepankan produk yang terjamin kehalalannya, pelayanan yang maksimal, selalu mencari produk baru, dan memberikan hak khiyar secara penuh. Sedangkan hal penghambat peningkatan omzet diantaranya : kurangnya pemasangan periklanan, ketika mengalami minimnya produk yang akan dijual dan tidak ada strategi khusus yang menjadi alternatif jika mengalami penurunan omzet.
1520801808 | 15 DAL a 808 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain