Electronic Resource
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA (STUDI KASUS DI SMA NURUL HASYIMI RANDUTATAH PAITON PROBOLINGGO)
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Nurul Hasyimi saat ini memang dirasakan mendesak pendidikan karakter di SMA Nurul Hasyimi dirasakan amat perlu pengembangannya bila mengingat meningkatnya tauran antar pelajar, pelecehan seksual, kekerasan pembunuhan, pencurian serta bentuk-bentuk kenakalan remaja lainnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitataif, data dikumpulkan melalui meode wawancara, observasi, dan dokumentasi. data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk ditarik kesimpulan.
Hasil peneliti menunjukan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter siswa di SMA Nurul Hasyimi dilaksanakan oleh siswa dan warga sekolah termasuk kepala sekolah dan guru dengancara mengimplementasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan pembelaajaran mengajar dan implementasi pendidikan karakter ke dalam kegiatan belajar mengajar dan implementasi pendidikan karakter dalam pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajarr (pembiasaan rutin,kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, serta implementasi pendidikan karakter berbasis fikiran (2) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di SMA Nurul Hasyimi terbagi menjadi dua,yaitu faktor intern (keadaan siswa itu sendiri) dan faktor ekstren (visi dan misi sekolah, kekuatan dari guru dan dukungan seluruh stakeholdersI, kegiatan yang sudah terpogram dan budaya sekolah, prinsip kebersamaan antar warga sekolah, jumlah siswa yang tidak terlalu banyak sehingga mudah untuk mengontrol, sarana dan prasarana serta fasilitas yang baik, dan lingkungan yang kondusif).
1530304645 | 15 RIA i 645 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain