Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

PENERAPAN MODEL TEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI SMP NURUL HASYIMI RANDUTATAH PAITON PROBOLINGGO)

Zilviyatul Hasanah - Nama Orang;

Model pembelajaran adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus dipersiapkan oleh seorang guru sebelum memasuki ruang belajar. Karena dengan adanya penerapan model belajar yang tepat maka siswa akan lebih aktif serta pembelajaran yang akan dilaksanakan lebih menyenangkan. Di kelas VIII SMP Nurul Hasyimi pada pembelajaran fiqih ada siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dikarenakan model belajar yang belum bervariasi. Oleh sebab itu, guru di sana mencoba untuk menerapkan model team quiz pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model team quiz dalam pembelajaran fiqih kelas VIII SMP Nurul Hasyimi dan efektivitas dari penerapan model team quiz tersebut. Model team quiz adalah model pembelajaran aktif yang mana siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan bersama-sama mempelajari materi, saling memberi arahan, saling memberi pertanyaan dan jawaban setelah materi selesai disampaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menemukan penerapan model team quiz dalam pembelajaran fiqih di SMP Nurul Hasyimi, ialah sebelum melakukan pembelajaran dengan model team quiz, guru terlebih dahulu mempelajari silabus yang sudah disusun, kemudian mempersiapkan materi yang akan diajarkan, memberi penjelasan terlebih dahulu mengenai materi secara garis besar, membuka sesi tanya jawab apabila ada materi yang belum dimengerti, setelah siswa dirasa sudah mengerti dengan materi yang guru sampaikan, guru kemudian membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 4-6 orang untuk berdiskusi mengenai materi, dan guru membimbing siswa untuk membuat 3-5 pertanyaan pada masing-masing kelompok yang nantinya pertanyaan itu akan dikumpulkan, setelah itu guru mengacak pertanyaan dan guru mengajukan pertanyaan kepada masing-masing kelompok secara bergilir. Setelah semua kelompok menjawab pertanyaan, guru memberikan satu soal rebutan untuk menentukan kelompok terbaik. Sedangkan efektivitas dari penerapan model team quiz tersebut ialah siswa lebih aktif belajar dilihat dari kerja sama dalam kelompok dan saling membantu untuk menguasai materi pelajaran yang sedang berlangsung dengan diskusi pada kelompok masing-masing, semangat dan paham dengan materi yang disampaikan.


Ketersediaan
153030465515 ZIL p 655Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 ZIL p 655
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
62 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530304655
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Model Pembelajaran, Team Quiz, Pembelajaran Fiqih
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik