Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas X Studi Kasus di MA Islamiyah Syafi'iyah Paiton
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang mendapatkan pembelajaran Fiqih seharusnya mampu menerapkan apa yang diterimanya namun belum semua siswa mampu menerapkan Fiqh dalam kehidupan sehari-hari, bahkan siswa ramai ketika pembelajaran Fiqh sedang berlangsung. Oleh karena itu perlunya model pembelajaran Make A Match yang membantu siswa untuk lebih pro-aktif dalam mengikuti proses belajar, mendorong siswa untuk mandiri dan kreatif walaupun model ini belum maksimal dalam pelaksanaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA. Islamiyah Syafi’iyah Paiton Probolinggo, dengan rumusan masalah sebagai berikut (1). Bagaimana penerapan pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran fiqih siswa kelas x di MA. Islamiyah Syafi’iyah Paiton Probolinggo? (2). Bagaimana hasil penerapan pembelajaran Make a match pada siswa kelas x di MA. Islamiyah Syafi’iyah Paiton Probolinggo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas X di MA. Islamiyah Syafi’iyah Paiton Probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis study kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Penggunaan model pembelajaran Make A Match merupakan salah satu model pembelajaran untuk mengefektifkan pembelajaran pendidikan pada mata pelajaran Fiqih. (2). Faktor pendukung yang menjadi kelebihan dalam menggunakan model ini yaitu siswa tidak mudah jenuh dalam menerima materi pelajaran dikelas. Mudah mengajak siswa untuk lebih aktif lagi dalam belajar. Mengajak siswa untuk bermain sambil belajar.
143306203 | 14 DIA p 203 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain