Electronic Resource
ANALISIS KORELASIONAL KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BUTIK ALFINA COLLECTION DESA SUMBERKIMA BALI
ABSTRAK
Mariama, Siti 2019 “Analisis Korelasional Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Butik Alfina Collection Desa Sumberkima Bali”. Skripsi, Prodi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pembimbing (I) Sugiono, M. Ed. PhD. (II) Zaenol Fajri, M. Pd.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian Konsumen.
Dalam perkembangan usaha setiap pelaku usaha pasti memperhatikan produk yang akan di pasarkan terutama dalam masalah kualitas produk. Perlu diketahui bahwa peningkatan dalam kualitas produk dan harga sangatlah penting, karena dapat memuaskan konsumen terhadap produk yang di beli. Dan akan mempengaruhi konsumen untuk membeli berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Butik Alfina Collection Desa Sumberkima Bali.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan survei atau Ex post facto yang bermaksud mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dan kuesioner (angket). Sedangkan teknik analisis menggunakan analisis korelatif (causal/sebab-akibat), yang bersifat hubungan atau pengaruh yang menyatakan hubungan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini populasi penelitian ini mengacu pada pelanggan Butik Alfina yang berjumlah 110 pelanggan. Sampel yang diambil sebanyak 50% yaitu 55 responden dengan menggunakan teknik sampel random sampling.
Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil uji regresi dalam perhitungan manual adalah sebagai berikut : korelasi secara simultan adalah sebesar Rx1.x2.Y = 0,0121. Urutan secara individu dari masing-masing korelasi antara variabel kualitas produk (X1) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah sebesar Rx1.Y = 0,0802, dan korelasi antara variabel harga (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah sebesar Rx2.Y = 0,081, sedangkan korelasi antara variabel kualitas produk (X1) terhadap harga (X2) adalah sebesar Rx1.x2 = 0,091. Sedangkan dalam perhitungan SPSS 24 adalah sebagai berikut : kontribusi secara simultan variabel X1 dan X2 terhadap Y = R2 × 100% = (0,781)2 × 100% = 60,9 %. Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 7,442 dan dengan tingkat siginfikan 0,05. Dimana F hitung (7,4) > dari F tabel (5,2) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari tabel model summary diperoleh variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) nilai Sig = 0.000. Untuk nilai α nya, karena menggunakan uji dua sisi, maka nilai α/2, sehingga nilai α = 0,05/2 = 0,025. Ternyata Sig = 0.000 < 0,025, maka H0 ditolak da Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independent dalam penelitian ini ada korelasi secara simultan terhadap variabel dependent.
1520801876 | 15 SIT a 876 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain