Electronic Resource
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBOH KABUPATEN SITUBONDO
Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan penerapan yang dikembangkan dengan tujuan agar pemebelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna. Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) yang diterapkan di SMP Negeri 1 Suboh ini menjadi pokok pembahasan skripsi ini, dengan pokok permasalahan yaitu: gambaran Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo. Apa saja faktor penghambat dan pendukung Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat deskriptif dengan mengacu pada analisis kualitatif, menggunakan beberapa model yang dianggap relevan dengan variabel utama yang akan diteliti, yakni pendekatan pedagogis, sosiologis, psykologis. Adapun informan atau narasumber adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengolahan datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo. Terlaksana dengan baik walaupun belum maksimal. Dalam pelaksanaanya guru menerapkan Contruktivism, Inquiry, Questioning, Learning community (Masyarakat Belajar), Modelling (Pemodelan), Reflection (Refleksi), Authentic assessment (Penilaian nyata atau sebenarnya). 2) Penerapan Model CTL dalam penerapannya mengalami beberapa kendala yang dihadapi oleh guru. Pihak sekolah berupaya mengatasi kendala-kendala itu dengan memfasilitasinya. 3) Dampak Penerapan Model CTL sangat baik, dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil nilai belajar peserta didik sampai 10% dan teraplikasi pada perubahan perilaku dan karakter siswa dalam memahami nilai-nilai yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Implikasi Penelitian ini, di harapkan kepada guru PAI agar membekali dirinya dengan pengembangan potensi agar lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas yang diembannya.
1530304640 | 15 NUF p 640 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain