Electronic Resource
analisis strategi pemasaran krupuk dalam meningkatkan ekonomi pra sejarah di desa talkandang kecamatan kotaanyar probolinggo
ABSTRAK
Agustin Hidayati. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Dalam Meningkatkan Ekonomi Pra Sejahtera di Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar – Probolinggo ( Studi Kasus Pada Pengrajin Kerupuk Di Desa Talkandang ). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Ekonomi Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pembimbing: (I) Dr. H. Hasan Baharun, M,Pd. (II) Mohammad Syaiful Suib, M.EI.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningakatan Ekonomi , Masyarakat Pra Sejahtera
Pembangunan di bidang industri sebagai bagian dari usaha pembangunan ekonomi jangka panjang untuk menciptakan struktur perekonomian yang lebih kokoh dan seimbang. Dalam hal ini industri kecil produksi kerupuk yang selama ini pemasarannya sangat minim. Pemasaran pabrik kerupuk yang terjadi di Kabupaten Probolinggo khususnya desa talkandang kecamatan kotaanyar yang merupakan wilayah yang paling timur dan terbilang jauh dari perkotaan. Kebanyakan masyarakat awam melakukan pemasaran kerupuk ini masih mengikuti cara lama dan kuno. Salah satunya yaitu hanya menitipkan di warung-warung kecil. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka peneliti mengambil sampel diatas untuk bahan penelitian. Penelitian ini dilakukan pada industri kerupuk rumahan di Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi pmasaran Krupuk Masyarakat Pra Sejahtera di Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo, Apakah Strategi Pemasaran Krupuk Masyarakat Pra Sejahtera mampu Meningkatkan Ekonomi.
Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin kerupuk rumahan di Desa Talkandang sebanyak 7 pemilik industri rumah tangga atau 7 Industri kerupuk rumahan untuk pengambilan sampel.
Hasil penelitian adalah Strategi pemasaran industri kerupuk rumahan di Desa Talkandang menggunakan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yaitu mengatur strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu. Efektifitas strategi pemasaran produk di Desa Talkandang dari tahun 2017 sampai tahun 2018 mengalami cukup peningkatan dengan diterapkannya strategi pemasaran marketing mix (bauran pemasaran) dapat dinilai cukup efektif setelah dipersentase dengan hasil terakhir diperoleh sebesar 10 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran krupuk dengan marketing mix dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pra sejahtera di Desa Talkandang.
132801505 | 13 AGU a 505 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain