Electronic Resource
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar. Motivasi merupakan syarat mutlak dalam belajar, seorang siswa yang belajar tanpa motivasi (kurang motivasi) tidak akan berhasil dengan maksimal.
Dengan melihat realita yang terjadi sekarang, dengan banyaknya siswa yang masih berperan pasif dalam memahami materi. Maka penulis akan mengangkat judul “Implementasi Pengembangan media Pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswadi MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo” dalam hal ini rumusan masalahnya adalah :1) Apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018?. 2) Apakah penghambat dan pendukung peran Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun ajaran 2017-2018?. Maka tujuan peneliti ialah: 1) Untuk mendeskripsikan bermacam metode/model pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo, dan 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Untuk mengetahui jawaban permasalahan tersebut maka digunakan suatu metode penelitian. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan peran guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo bahwasanya: 1. a) penggunaan metode yang berfariasi dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar. b).menggunakan media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran agar bisa mencapai tujuan pengajaran yang dikehendaki untuk dicapai. 2. Faktor Pendukung adalah a) Sarana dan sumber belajar yang lengkap b) Latar belakang siswa c) Pendekatan belajar aktif d) Memeberikan memotivasi 2. faktor penghambatnya adalah a) Siswa masih enggan untuk mengemukakan pendapatnya, b) Latar belakang siswa yang berbeda, c) Perbedaan individu siswa, d) Kesulitan mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu.
143306257 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain