Electronic Resource
Metode Pembelajaran Muhawarah dalam meningkatkan maharah kalam peserta didik tingkat Ula LPBA di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinngo
Lembega Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) merupakan Lembaga khusus untuk mempelajari serta memperaktekan Bahasa Arab & Inggris. LPBA berada di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, di mana kegiatan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris sangat begitu dikerap serta peserta didik harus mampu untuk memperaktekannya dalam percakapan sehari-hari. Adapun Peserta didik LPBA terdiri dari siswa MA Nurul Jadid, Sma Nurul Jadid, SMK Nurul Jadid dan MAN Paiton atau siswa tingkat SLTA. Dari hal tersebut telah menimbulkan di hati peserta didik rasa bersaing antar teman untuk selalu menjadi yang terbaik dalam mempelajari dan mengucapkan bahasa Arab. Dengan demikian pembelajaran bahasa Arab dan Inggris akan mudah tercapai.
Seringkali LPBA menjuarai lomba bahasa arab dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, maupun tingkat Nasional, seperti lomba pidato bahasa Arab, debat bahasa Arab, cerita bahasa Arab dan lain sebagainya. Kefasihan, kelancaran serta pelafalan kata yang tepat dan benar merupakan faktor utama yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam perlombaan. Salah satu penunjang di LPBA yang mempengaruhi peserta didik dalam menguasai skill kebahasaan tersebut ialah kegiatan pembelajaran Muhawaroh, yang dilaksanakan setiap malam.
Dari deskripsi problematika di atas, penulis merasa tertarik untuk mengkaji permasalahan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (skripsi) dengan pembelajaran muhawarah dalam meningkatkan maharah kalam peserta didik tingkat Ula di LPBA Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo yang bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran muhawarah dalam meningkatkan maharah kalam peserta didik tingkat Ula di LPBA dan Implikasi (dampak) dari pembelajaran tersebut.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, interview, dan dokumentasi sebagai pengolah datanya. Adapun hasilnya yaitu: metode pembelajaran muhawarah telah membuahkan hasil yang sangat efekti bagi peserta didik, adapun implikasinya yaitu peserta didik mampu menerapkan hasil materi pembelajarn dalam percakapan sehari-hari.
143606312 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain