Electronic Resource
UPAYA GURU PAI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2017-2018
Guru merupakan kunci kesuksesan sebuah lembaga pendidikan. Baik buruknya perilaku atau tatacara mengajar guru akan berpengaruh kepada sebuah lembaga pendidikan. Oleh sebab itu kemampuan guru harus dikembangkan dengan pendidikan dan pelatihan supaya kemampuan khususnya lebih meningkat. Untuk memiliki kemampuan khusus tersebut guru harus membina diri secara optimal sebagai karakteristik pekerjaannya. Dalam hal ini guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi akan tetapi juga bertugas memperbaiki sikap dan perilaku siswa yang berkaitan dengan pendidikan karakter religius.
Tujuan yang terdapat dalam skrpisi ini antara lain: 1) Mengetahui Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Religius di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 2) Mengetahui Hasil dari Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Religius di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 3) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Religius di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Skripsi ini disusun berdasarkan hasil dari data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Dan untuk memahami peristiwa yang terjadi pada objek, tentunya harus memhami hal-hal terkait dan melakukan analisis secara menyeluruh dan dijabarkan secara deskriptif. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Dalam penelitian yang dilakukan peneliti, peneliti menemukan beberapa upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter religius di SMP Nurul Jadid antara lain: 1) Menggabungkan ke dalam materi pembelajaran. 2) Menerapkan kegiatan-kegiatan pembiasaan. 3) Memberikan keteladanan. 4)Melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Terkait dengan hasil dari upaya guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter religius di SMP Nurul Jadid: Memiliki dampak positif bagi sekolah seperti meningkatnya pengendalian diri siswa serta perubahan positif karakter siswa. Terkait faktor pendukung terhadap upaya guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter religius di smp Nurul Jadid antara lain: 1) Faktor sekolah dan lingkungan. 2) Adanya kebiasaan atau tradisi. Sedangkan faktor penghambat dari upaya guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter religius di SMP Nurul Jadid antara lain: 1) Terbatasnya waktu yang ada. 2) Perbedaan karakter.
143306246 | 14 QUR u 246 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain