Electronic Resource
Analisis Produk Kerajinan Tangan Khas Budaya Bali Sebagai Objek Pembelian Wisatawan (Study Kasus Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng)
Bali adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki potensi pulau yang sudah mendunia dan memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan pariwisatanya serta produk khas budayanya. Hasil produk kerajinan tangan khas budaya Bali selain dipasarkan untuk lokal juga untuk konsumen daerah lain maupun konsumen luar negeri. Namun sejak berlakunya kebijakan MEA banyak produk-produk kerajinan tangan luar negeri menguasai pasar industri di Indonesia khususnya dipulau Bali. Hal ini mengancam produk kerajinan tangan khas budaya Bali semakin sedikit diminati oleh wisatawan. Masyarakat Bali harus mampu dan pandai berinovasi dalam menciptakan produk-produk kerajinan tangan khas budaya Bali yang nantinya mampu bersaing dengan produk luar negeri.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaiman inisiatif masyarakat Bali dalam memproduksi produk kerajinan tangan khas budaya Bali? 2) Bagaimana motivasi wisatawan dalam pembelian produk kerajinan tangan khas budaya Bali?.
Penelitian ini termasuk dalam kualitatif deskriftif, dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa inisiatif dari beberapa masyarakat desa gerokgak yang memperkenalkan produk kerajinan tangan khas bali kepada wisatawan memang sangatlah bagus, akan tetapi semakin banyaknya produk luar yang menyaingi, para pengrajin kerajinan tangan harus lebih kreatif lagi supaya bisa bersaing dan semakin menarik minat para wisatawan untuk membeli produk kerajinan tangan khas bali.
142801638 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain