Electronic Resource
MANAJEMEN MUTU KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MA MANBAUL HIKAM TEGAL MOJO TEGAL SIWALAN PROBOLINGGO
Manajemen mutu kepala madrasah merupakan salah satu upaya kepala
madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan. Usaha meningkatkan mutu pendidikan
sesuai dengan cita-cita bangsa indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan umum dan
mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana pendidikan mempunyai peran penting dalam
meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan.
Pendidikan sebagai proses belajar mengajar yang mengembangkan dan menyebar luaskan
ilmu pengetahuan. Konsep dasar dan pelaksanaannya akan ikut menentukan jalannya
pendidikan di tengah kehidupan manusia. Berdasarkan hal tersebut di atas berarti
kurikulum sekolah diharapkan mampu mengantarkan peserta didik untuk mencapai
tujuan yang diharapkan. Sedangkan untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasional,
tidak akan sampai kearah itu tanpa didukung oleh kepemimpinan kepala madrasah
dalam pengembangan lembaga pendidikan islam yang berkualitas dan efektif.
Kepemimpinan yang efektif merupakan realisasi perpaduan bakat dan pengalaman
kepemimpinan dalam situasi yang berubah-ubah karena berlangsung melalui interaksi
antar sesama manusia.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja kepala madrasah dalam
meningkatkan mutu lulusan di madrasah aliyah manbaul hikam tegal mojo. Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi,wawancara dan
dokumentasi. Subjek pelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Siswa dan Dewan Guru.
Hasil penelitian ini menemukan : 1. Kemampuan kepala madrasah terhadap
peningkatan mutu lulusan sudah memenuhi kriteria lulusan karena kepala madrasah
sudah menjalankan beragam kemampuan yang dapat menunjang terhadap pancapaian
peningkatan mutu lulusan, baik kemampuan sebagai pendidik, manager,
administrator, supervisor, leader, maupun innovator. 2. Dalam pelaksanaannya tentu
saja membutuhkan motivasi (kemauan) kepala madrasah dan semua warga madrasah
berperan serta untuk mewujudkan kualitas lulusan yang bermutu. 3. Kepala madrasah
mampu mengidentifikasikan berbagai kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman
yang dihadapi madrasah sehingga hal tersebut dapat dijadikan acuan dalam
mengambil berbagai kepututusan yang menyangkut peninggkatan mutu lulusan.
Dalam pelaksanaan tersebut tentu saja segala upaya memerlukan sebuah
komitmen bersama dari semua staf sekolah agar tercapainya mutu lulusan secara
optimal disekolah tersebut.
143506344 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain