Electronic Resource
STRATEGI PERSAINGAN HARGA DI TEMPAT PENAMPUNGAN IKAN DI DESA GRINTING KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO
Harga merupakan salah satu factor pemasaran yang memberikan masukan atau
pendapatan bagi perusahaan. Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan acuan atau
ukuran (barang dan jasa) yang dapat ditukarkan untuk memperoleh hak kepemilikan atas
penggunaan suatu barang atau jasa. Penentuan harga merupakan titik kritis dalam bauran
pemasaran jasa karena harga menentukan pendapatan dari suatu usaha atau bisnis. Penentuan
harga bisa didasarkan pada harga pesaing, dimana harga ditetapkan di bawah, di atas, ataupun
sama dengan harga pesaing. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana
persaingan harga ikan di tempat penampungan ikan di desa grinting Kecamatan Paiton
Kabupaten Probolinggo? (2) Bagaimana strategi persaingan harga ikan di kawasan desa
grinting Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo?
Dalam menjawab permasalahan diatas, maka penulis menggunakan metode
deskriptif – kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi dan catatan lapangan. Metode kualitatif adalah suatu penelitian yang cenderung
menggunakan analisis untuk menjelaskan suatu kejadian atau fenomena dengan sedalam –
dalamnya melalui pengumpulan data. Kebanyakan dari warga Desa Grinting Kecamatan
Paiton Kabupaten Probolinggo berprofesi sebagai nelayan yang dapat dijadikan penghasilan
kebutuhan hidupnya sehari – hari dan hanya sebagian dari warga yang berprofesi sebagai
petani. Masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan hasil tangkapan laut nya mereka jual
kepada masyarakat sekitar dan ada sebagian warga yang bahkan sampai menjual hasil
tangkapan laut nya ke luar kota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga Desa
Grinting Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Sedangkan sampel dari penelitian ini
adalah sebagian dari warga Desa Grinting Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo yang
bekerja di tempat penampungan ikan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) semakin banyaknya pedagang
yang masuk ke desa Grinting untuk memasarkan ikan dari desa tersebut maupun dari desa
luar yang di jual di desa Grinting dari situlah timbul persaingan harga antra pedagang yang
satu dengan pedagang yang lain. (2) Memberi arahan untuk persaingan harga yang sehat dan
kerukunan antara sesama pedagang ikan di desa Grinting.
142801666 | 14 MAR s 666 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain