Electronic Resource
STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN MENTAL SISWA DI MA. ISLAMIYAH SYAFI’IYAH SUMBERANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Humaidi. 2018. Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembinaan Mental Siswa Di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Tahun Pelajaran 2017/2018: (I) Drs. H. WAFI, M.Pd.I, (II) JAZILURROHMAN, M.Pd.I
Kata Kunci : Strategi guru akidah akhlak, pembinaan mental
Guru akidah akhlak di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar melakukan strategi-strategi dalam pembeninaan siswa sebab di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar terdapat siswa yang barasal dari luar pondok (tidak mondok) sehingga ada sebagian siswa yang memiliki mental yang kurang baik, pergaulan siswa di luar sekolah serta kurangnya perhatian dari orang tua siswa terhadap pembinaan mental siswa.
Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembinaan Mental Siswa Di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana strategi guru aqidah akhlak dalam pembinaan mental siswa di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Tahun Pelajran 2017/2018, Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru aqidah akhlak dalam pembinaan mental siswa di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Tahun Pelajran 2017/2018.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan penelitian kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun hasil penelitian adalah (1) Strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan mental siswa di MA. Islamiyah Syafiiyah Sumberanyar Paiton tahun pelajaran 2017/2018 yaitu dengan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, melalui bimbingan dan penyuluhan. Dengan demikian pembinaan mental siswa di MA. Islamiyah Syafiiyah Sumberanyar akan berasil dengan baik. (2) Adapun Faktor pendukung dalam peningkatan pembinaan mental siswa di MA. Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton Probolinggo adalah Keaktifan MA. Islamiyah Syafi’iyah dalam kegiatan keagamaan, Kerja Sama yang baik dengan Guru BP, peranan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor keluarga yang tidak memperhadikan pendidikan anak, faktor pergaulan yang bersifat negative.
Sistem pembelajaran di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton masih belum memadai, terutama dalam penggunaan media audio visual terhadap materi pembelajaran fiqih, dimana sebagian guru yang dalam pembelajaran belum menyesuaikan dengan materi yang diajarkannya. Dari observasi yang dilakukan penulis, bahwa masih ada guru di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton yang belum terampil menggunakan media dalam pembelajaran, maka dari itu, penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Dengan penggunaan media audio visual ini diharapkan membantu peserta didik peka pada dirinya dan lingkungannya dan secara kreatif dapat mengkontruksi pemahamannya dengan lebih baik sehingga materi pembelajaran fiqih dapat dengan mudah diinternalisasikan serta dapat meningkatkan pemahaman peserta didik..
Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian Penerapan Media Audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui penerapan media audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo, untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan media media audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat penerapan media audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan penelitian kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun hasil penelitian adalah (1) Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo yaitu (a) Guru mempersiapkan alat-alat Media Berupa Laptop, Lcd Projector dan Speaker kecil, (b) Materi disampaikan melalui Film Pendek atau Video, dan MS Power Point, (c) Persiapan Bahan Materi didownload dari Inetrnet, (d) Metode dalam penyampaian menggunakan Penerapan Media Audio Visual digunakan ceramah dan tanya jawab. (e) Guru menampilkan pesan gambar dan suara agar siswa mampu menguasai pelajaran selain dari penjelasan guru juga bisa mengamati objek secara langsung lewat gambar dan tulisan. (2) Hasil Penerapan Media Media Audio Visual pada mata pelajaran fiqih di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo sudah cukup memuaskan, nilai yang didapatkan siswa 98% sudah di atas keteri ketuntasan minimum (KKM). Penerapan Media Audio Visual melliki nilai positif terhahadap pembelajaran pendidikan agama islam khususnya pelajaran fiqih di MTs. Mambaul Ulum. Nilai siswa makin bertambah baik dan keaktifan siswa semakin meningkat (3) Adapun Faktor pendukung penerapan media media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo adalah tersediannya sarana dan prasana yang memadai, kemampuan guru dalam IT. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbiasaan siswa dengan model pembelajaran yang lama, kurangnya alokasi waktu.
143306159 | 14 HUM s 159 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain