Electronic Resource
Penerapan Model Desain ASSURE Pada Pembelajaran Fiqih di MA Nurul Amin Jatiroto Lumajang
Proses pembelajaran mempunyai tujuan agar siswa dapat mencapai kompetensi seperti yang diharapkan. Untuk mencapai kompetensi tersebut proses pembelajaran perlu dirancang secara sistematik dan sistemik. Proses merancang aktivitas pembelajaran inilah disebut dengan desain sistem pembelajaran. Dengan menggunakan Model Desain ASSURE tersebut mempermudah dalam proses pembelajaran. Akan tetapi masalah pembelajaran Fiqih membutuhkan model dan metode yang tepat untuk mempelajari pembelajaran Fiqih. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain; 1) Bagaimana Penerapan Model Desain ASSURE dalam pembelajaran fiqih di MA Nurul Amin Jatiroto Lumajang? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Model Desain ASSURE dalam Pembelajaran Fiqih di MA Nurul Amin Jatiroto Lumajang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model ASSURE dalam pembelajaran Fiqih.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik, metode ini digunakan dalam rangka untuk memperoleh jawaban atas rumusan masalah. Dalam rangka untuk memperoleh jawaban itu metode ini didukung dengan menggunakan pendekatan teoritis. Berdasarkan penelitian itu maka ada beberapa hasil penelitian yang diperoleh hasil penerapan Model ASSURE di MA Nurul Amin Jatiroto Lumajang, kedua Faktor pendukung dan penghambat Model Desain ASSURE di MA Nurul Amin Jatiroto.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Desain ASSURE dalam Pembelajaran Fiqih adalah Model Desain ASSURE tersebut menggunakan beberapa langkah yaitu 1) Analyze Learner 2) State Objective 3) Select methos, Media and Material 4) Utilize Media and Materials 5) Require Learner Participation 6) Evaluasi. Dengan menggunakan Model Desain ASSURE menurut Observasi yang telah dilakukan sangat membantu mempermudah peserta didik dalam pembelajaran fiqih. Guru dapat lebih mudah dan menyesuaikan media dengan karakteristik dari peserta didik untuk memaksimalkan proses pembelajaran.Guru selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran seperti silabus, prota, promes, KKM, dan RPP. Guru memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi, Dengan mengunakan media tersebut mampu menciptakan suasana kelas yang ceria dan aktif sehingga siswa dapat lebih mudah dalam pembelajaran.
143306296 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain