Electronic Resource
PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDHZ NURUZ ZAMAN KRAKSAAN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
ABSTRAK
Wiwit Maimuna 2018. Penerapan Metode Tilawati dalam Meningkatkan
Kemampuan Santri Membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman
Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Program Strata Satu
Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo,. Pembimbing: (I) Drs. H.
Hambali, M.Pd. (II) Ny. Hj. Wiwin Warliah, S.Fil.l., M.Sosio.
Kata Kunci: Penerapan Metode Tilawati, Kemampuan Santri Membaca AlQur’an.
Penelitian ini didasari oleh banyaknya santri yang masih belum lancar
membaca Al-Qur’an, sehingga guru ngaji harus bisa memilih strategi, metode,
pendekatan dan sebagainya, agar proses pembelajaran yang dilaksanakan
efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Cara mudah
untuk bisa membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman ialah
menggunakan Metode Tilawati, Tilawati adalah sebuah buku panduan belajar
membaca Al-Qur’an yang kemudian disebut metode tilawati yang terdiri dari 6
jilid yang menggunakan pendekatan klasikal dan baca simak, yang disertai lagu
rost yang mudah dan menyenangkan juga adanya kelengkapan media dan
sarana.
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan (1) Langkah-langkah
penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan santri membaca
Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman Kraksaan Probolinggo. (2) Faktor
pendukung dan penghambat penerapan metode tilawati dalam meningkatkan
kemampuan santri membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman
Kraksaan Probolinggo. (3) Kelebihan dan kekurangan Metode Tilawati dalam
meningkatkan kemampuan santri membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz
Nuruz Zaman Kraksaan Probolinggo.
Metode dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode kualitatif dan
jenis penelitiannya studi kasus, dengan teknik pengumpulan data: Observasi,
Wawancara Terstruktur, Dokumentasi dan Tringulasi. Analisis datanya
menggunakan Model Miles and Huberman.
Dari hasil penelitian, peneliti mengemukakan bahwasanya (1) Langkahlangkah penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan santri
membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman Kraksaan: Santri
datang tepat waktu, dan Muraja’ah hafalan atau materi tambahan, Pembacaan
doa, Pembacaan peraga secara klasikal, dan individual dengan sistim setoran
bagi santri yang buku tilawatinya tingkat jilid 1 s/d jilid 5, sedangkan santri
tingkat lanjutan membaca individual dengan tehnik baca simak. (2) Faktor
pendukung dan penghambat penerapan metode tilawati dalam meningkatkan
kemampuan santri membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman
Kraksaan: Faktor pendukungnya: Adanya Media dan Sarana Belajar Tingkat
Dasar dan Lanjutan serta ruang kelas dan guru yang mumpuni. Faktor
Penghambat: Pendaftaran santri tidak bersamaan, adanya santri yang jarangvi
masuk. (3) Kelebihan dan kekurangan Metode Tilawati dalam meningkatkan
kemampuan santri membaca Al-Qur’an di Rumah Tahfidhz Nuruz Zaman
Kraksaan: Kelebihannya menggunakan lagu rost, lebih cepat memahami.
Kekurangannya: Kurang teliti.
143306298 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain