Electronic Resource
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs NURUL JADID
Strategi merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam suatu peristiwa atau kejadian, dalam hal ini, tindakan yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam mendisiplinkan siswa di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Kedisiplinan didefenisikan kesadaran dan kesediaan seseorang dalam mentaati semua peraturan dan norma-norma yang berlaku.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Nurul Jadid, Paiton Probolinggo. Dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Nurul Jadid, Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman; mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Strategi kepala madrasah dalam meningkatan kedisiplinan siswa di MTs Nurul Jadid Tahun Pelajaran 2017-2018 ialah: Membuat Tata tertib siswa sekaligus mengangkat penanggung jawab tatibsi, bekerja sama dengan guru dan pengurus wilayah, memberikan poin pada siswa/siswi yang tidak berdisiplin, dan melakukan pendekatan guru terhadap siswa/siswinya. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatan kedisiplinan siswa di MTs Nurul Jadid Tahun Pelajaran 2017-2018; Faktor pendukung adanya penanggungjawab tatibsi, sikap siswa yang mau terbuka terhadap nasehat guru, dan adanya ketegasan guru dalam menjalankan tata tertib madrasah, sedangkan faktor penghambat kurangnya kerjasama yang baik antara pengurus wilayah dengan lembaga, hilangnya seragam, dan adanya siswa tidak bisa mengatur waktu dengan baik.
143506333 | 14 TRE s 333 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain