Electronic Resource
pengaruh SOP pelayanan nasabah terhadap minat masyarakat dalam memilih produk gadai di pegadaian cabang Probolinggo
Pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan konsumen/nasabah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh SOP Pelayanan Nasabah Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Produk Gadai Di Pegadaian Cabang Probolinggo dan Seberapa Besar Pengaruh SOP Pelayanan Nasabah Terhadap Minat Masyarakat Memilih Produk Gadai Di Pegadaian Cabang Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara secara empiris Seberapa Besar Pengaruh SOP Pelayanan Nasabah Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Produk Gadai Di Pegadaian Cabang Probolinggo.
Metodologi yang digunakan adalah: Pertama, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, Objek penelitian adalah prosedur pelayanan nasabah terhadap minat masyarakat dalam memilih produk gadai. Adapun subjek penelitian adalah nasabah pegadaian cabang probolinggo sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 40 nasabah dengan menggunakan sample random sampling. Ketiga, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknis analisis adalah melalui uji validitas, uji reabilitas, dan korelasi produck moment.
Hasil penelitian yang diolah dengan product moment menunjukkan bahwa SOP pelayanan nasabah yang dilakukan di Pegadaian cabang Probolinggo telah dilakukan dengan baik. Kemudian diuji dengan statistik menunjukkan bahwa variabel independen (SOP pelayanan nasabah) terhadap variabel dependen (minat masyarakat dalam memilih produk gadai) adalah signifikan. Ini ditunjukkan dengan lebih besarya nilai kritik dengan signifikasi (0,000 ˂ 0,05). Dan Adapun besarnya pengaruh variabel (SOP pelayanan nasabah) dengan variabel (minat masyarakat dalam memilih produk gadai) dapat diketahui dengan cara mengkonsultasikan nilai r (korelasi produck moment) dengan interpretasi r yaitu (0,9657 dan r tabel 0,90 – 1,00) maka dinyatakan tinggi. Bila diprosentasekan maka menjadi KP = r2 x 100% = 0,96572 x 100% = 93,3% sisanya 6,7% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.
142801671 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain