Electronic Resource
Strategi Komunikasi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018
Proses belajar mengajar hakikatnya adalah proses komunikasi, dimana guru berperan sebagai pengantar pesan dan siswa sebagai penerima pesan. Pesan yang disampaikan oleh guru berupa isi atau materi pelajaran yang dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata dan tulisan) maupun non verbal. Motivasi beljar merupakan dorongan individu agar belajar dengan baik. Motivasi belajar amat penting utuk mencapai kesuksesan pelajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi Guru PAI di SMP Nurul Jadid, 2) Apa faktor penghambat dan pendukung komunikasi Guru PAI dalam meningkatkan Motivasi Belajar siswa di SMP Nurul Jadid.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi komunikasi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui manfaat komunikasi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian sangat dibutuhkan komunikasi yang baik antara guru dan siswa dalam memotivasi belajar siswa.
Maka dapat disimpukan bahwa: (1) strategi komunikasi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo terbagi dalam dua strategi, 1. komunikasi verbal yang dilakukan dengan menggunakan bahasa, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan. 2. komunikasi non verbal yang dilakukan guru dalam bentuk isyarat, gerak-gerik, mimik muka (2) faktor penghambat komunikasi guru dan siswa adalah aktivitas siswa yang mengganggu siswa lainnya. Faktor pendukung komunikasi guru dan siswa itu guru sendiri, siswa akan menilai guru bagaimana cara guru tersebut berkomunikasi, cara guru memberikan motivasi.
143306287 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain