Electronic Resource
Implementasi metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi Al-Qur'an Hadis di MI Fatihul Ulum Condong Gading Probolinggo
Pada dasarnya, dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan beberapa metode yang cocok untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien, karena metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Begitu pula dengan mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis, yang mana beberapa materi yang terdapat didalamnya menggunakan daya ingat yang tinggi, sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami dan mengingat pelajaran yang disampaikan oleh guru. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan daya ingat siswa, ialah dengan menerapkan metode mnemonik.
Dari permasalahan tersebut diatas, penulis tertarik untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian metode mnemonik yang telah diimplementasikan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan daya ingat siswa di MI Fatihul Ulum. Adapun tujuan penulis untuk mengetahui Implementasi metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi Al-Qur’an Hadis di MI Fatihul Ulum dan Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi Al-Qur’an Hadis di MI Fatihul Ulum.
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif
Adapun hasil penelitian ini yang pertama implementasi metode mnemonik adalah guru menekankan terhadap materi tajwid yang ada didalam Al-Qur’an Hadis dengan, terlebih dahulu guru menyiapkan dengan memilih materi yang dapat menggunakan metode mnemonik kemudian mengembangkannya dengan menginternalisasikan teknik menemonik berupa lagu, pengelompokan, penanda dan lain-lain dan yang terakhir pengulangan kembali sebagai bentuk evaluasi akhir. Dan yang kedua mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode mnemonik. Untuk faktor pendukung antara lain profesionalitas guru yang tinggi, adanya dukungan dari pihak guru mapel lain, dan tersedianya sarana referensi yang lain. Sedangkan faktor penghambatnya siswa malas ketika Kegiatan belajar mengajar berlangsung, kurangnya waktu dan kurangnya inovasi dari pihak guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis itu sendiri sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran
143306288 | 14 Sit i 288 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain