Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa Di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018

Nur Iffah Hannani - Nama Orang;

Hannani, Nur Iffah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo. Pembimbing: ( I ) Drs. H. Hambali, M. Pd. ( II ) Zaini Gunawan M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Pendidikan Agama Islam, Pengamalan Keagamaan
Dengan melihat beberapa realita yang ada pada zaman sekarang pendidikan Agama Islam di sekolah dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai permasalahan, diantaranya ialah proses pembelajaran yang saat ini masih hanya sebatas pada penyampaian pengetahuan saja. Kesalahan penggunaan metode, dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Agar siswa tidak hanya sekedar belajar teori namun harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
SMA Nurul Jadid merupakan lembaga formal yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang mana dalam proses pembelajarannya sebagian guru telah menerapkan model kontekstual. Namun apakah model CTL tersebut dapat meningkatkan pengamalan keagamaan siswa di SMA nurul jadid ?
Dengan demikian tujuan dalam penelitian ini, ialah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa dan Apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan metode ini diharapkan mendapatkan pemahaman kompherensif dan mendalam mengenai makna dari fakta yang relevan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penerapan CTL pada PAI dalam meningkatkan pengamalan keagamaan siswa di SMA Nurul Jadid sudah berjalan dengan baik didukung dengan kegiatan keagamaan . Dalam pelaksanaannya melibatkan tujuh komponen utama yaitu kontruktivisme, menemukan (inquiri), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Model CTL ini sangat berperan dalam meningkatkan pengamalan keagamaan siswa. Sehingga siswa diharapkan mampu melaksanakan dan mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Faktor pendukung yaitu kurikulum dan perencanaan yang baik, kesiapan guru, sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat, munculnya dari guru dan siswa sendiri dan waktu yang kurang panjang sehingga terkadang membuat pelajaran berhenti ditengah jalan.


Ketersediaan
143306218Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 NUR p 218
Penerbit
: ., 2018
Deskripsi Fisik
81
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Pendidikan Agama Islam, Pengamalan Keagamaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik