Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa Di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018
Hannani, Nur Iffah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo. Pembimbing: ( I ) Drs. H. Hambali, M. Pd. ( II ) Zaini Gunawan M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Pendidikan Agama Islam, Pengamalan Keagamaan
Dengan melihat beberapa realita yang ada pada zaman sekarang pendidikan Agama Islam di sekolah dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai permasalahan, diantaranya ialah proses pembelajaran yang saat ini masih hanya sebatas pada penyampaian pengetahuan saja. Kesalahan penggunaan metode, dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Agar siswa tidak hanya sekedar belajar teori namun harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
SMA Nurul Jadid merupakan lembaga formal yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang mana dalam proses pembelajarannya sebagian guru telah menerapkan model kontekstual. Namun apakah model CTL tersebut dapat meningkatkan pengamalan keagamaan siswa di SMA nurul jadid ?
Dengan demikian tujuan dalam penelitian ini, ialah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa dan Apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan metode ini diharapkan mendapatkan pemahaman kompherensif dan mendalam mengenai makna dari fakta yang relevan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penerapan CTL pada PAI dalam meningkatkan pengamalan keagamaan siswa di SMA Nurul Jadid sudah berjalan dengan baik didukung dengan kegiatan keagamaan . Dalam pelaksanaannya melibatkan tujuh komponen utama yaitu kontruktivisme, menemukan (inquiri), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Model CTL ini sangat berperan dalam meningkatkan pengamalan keagamaan siswa. Sehingga siswa diharapkan mampu melaksanakan dan mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Faktor pendukung yaitu kurikulum dan perencanaan yang baik, kesiapan guru, sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat, munculnya dari guru dan siswa sendiri dan waktu yang kurang panjang sehingga terkadang membuat pelajaran berhenti ditengah jalan.
143306218 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain