Electronic Resource
STRATEGI PEMBERIAN BEASISWA TABUNGAN LEMBAGA PEDULI SISWA TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM PAITON
Ekonomi Islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama Islam dan didasari dengan tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun Islam. Kemunculan ekonomi Islam dipandang sebagai sebuah gerakan baru yang disertai dengan misi dekonstrutif atas kegagalan sistem ekonomi dunia dominan selama ini. Ekonomi Islam diikat oleh seperangkat nilai iman, akhlak dan moral etik bagi setiap aktivitas ekonominya baik dalam posisinya sebagai konsumen, produsen, distributor dan lain-lain dalam melakukan usahanya serta menciptakan hartanya. Dalam aktivitas perdagangan atau dikenal dalam istilah berbisnis pada era modern ini, mencari keuntungan merupakan tujuan utamanya, serta praktik- praktik haram, kerap kali dilakukan untuk mendapatkan tujuan tersebut, seperti mengurangi timbangan, penjualan dua kali lipat dari harga aslinya yang jatuhnya adalah riba.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain; 1) Bagaimana pengelolaan bisnis usaha busana muslim Toko Takasimurah Wangkal tentang konsumen, 2) Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap sistem produksi, distribusi, dan manajemen keuangan di Toko Takasimurah Wangkal.
Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk menjelaskan tinjauan ekonomi islam terhadap bisnis busana muslim di toko takasimurah wangkal. Dari hasil analisa dan pembahasan mununjukan bahwa Kegiatan usaha bisnis yang dijalankan oleh Toko Takasimurah Wangkal telah sesuai dengan nilai-nilai dasar serta nilai instrumental ekonomi Islam, yaitu kepemilikan, kesederhanaan, pemberian zakat, tidak adanya unsure riba, adanya kerjasama yang baik, serta tersedianya jaminan sosial.
142801664 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain